Kualitas Tes Bahasa Arab dan Prestasi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Bantul (Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014)

  • Sri Suharti

Abstract

Abstract


One of finals Exam Madrasah National Standar (UAMBN) is measure the achievement of learning outcome at the level of education unit, therefore the instrumen used to quality. This study aims to explain the quality of the test Arabic qualitative and quantitative. Qualitative items analysis include the subject matter items VII, VIII and IX of MTs, in accordance the SKL, in accordance with indicotor achievement, refer to the scope of the written Arabic test, have a key answer and only one key answer to the correct answer, using the correct Arabic, using the Arabic communicative. Quantitative items analysis include include the validity of concurrent, the level of difficulty, power of different, function of distraktor. This research approach evaluative that type ex post facto. Qualitatively find the result 100% the subject matter items VII, VIII and IX of MTs, 58% in accordance the SKL, 82% in accordance with indicotor achievement, 100% refer to the scope of the written Arabic test, 96% have a key answer and only one key answer to the correct answer, 90% using the correct Arabic, 60% using the Arabic communicative. Quantitatively find the result 52% valid, 48% invalid. Term of the level of difficulty 10% easy, 68% midle, 22% difficult. Terms of power of different 24% rejected, 42% revised, 34% accepted. Terms of function of distraktor 96% function, 4% not function, reliability 0,617. Achievement 3,77% exceed the  minimum completeness criteria (KKM), 96,23% could not exceed KKM.


Keywords: Grain Quality Problem, Quantitative, Qualitative, Arabic, Achievement


 


Abstrak


Diantara tujuan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang satuan pendidikan. UAMBN harus menggunakan instrumen berkualitas. Penelitian ini bertujuan menjelaskan kualitas tes Bahasa Arab secara kualitatif dan kauntitatif. Analisis butir soal secara kualitatif mencakup memuat materi kelas VII, VIII, IX MTs, sesuai SKL, sesuai indikator pencapaian, mengacu ruang lingkup tes Bahasa Arab tertulis, memiliki kunci jawaban dan hanya satu jawaban benar, menggunakan Bahasa Arab yang benar, menggunakan bahasa komunikatif. Analisis butir soal secara kuantitatif mencakup validitas konkuren, tingkat kesukaran, daya beda, dan fungsi distraktor. Penelitian menggunakan pendekatan evaluatif dan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif prosentatif. Secara kualitatif penelitian ini menemukan 100% materi pelajaran memuat materi  kelas VII, VII, IX, 58% sesuai SKL, 82% sesuai indikator pencapaian, 100% mengacu pada ruang lingkup tes Bahasa Arab tertulis, 96% memiliki kunci jawaban dan hanya satu jawaban benar, 90% menggunakan Bahasa Arab yang benar, 60% butir soal menggunakan bahasa komunikatif. Analisis butir soal secara kuantitatif menunjukkan 52% valid dan 48% invalid. Dari segi tingkat kesukaran, 10% mudah, 68% sedang, dan 22% sukar. Dari segi daya beda, 24% ditolak, 42% direvisi dan 34% diterima. Dari segi fungsi distraktor 96% berfungsi dan reliabilitas 0,617. Prestasi belajar 3,77% melampaui KKM dan 96,23% tidak dapat melampaui KKM.


Kata Kunci: Kualitas Butir Soal, Kuantitatif, Kulaitatif, Bahasa Arab, Prestasi Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 30, 2017
How to Cite
SUHARTI, Sri. Kualitas Tes Bahasa Arab dan Prestasi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Bantul (Analisis Butir Soal UAMBN Tahun Ajaran 2013/2014). Jurnal Pendidikan Madrasah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 185-196, may 2017. ISSN 2527-6794. Available at: <http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1439>. Date accessed: 23 oct. 2017.