Teknik Supervisi Individual: Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan RPP di Kota Yogyakarta

  • Wakingah Wakingah
Keywords: Supervisi Individual, Kompetensi Pedagogik, Guru PAI, RPP

Abstract

Abstract
This research aims to provide motivation to teachers of religious education in our Islamic Certification of Non PNS Junior High, High School, Vocational School in developing the implementation plan (RPP) Learning in Junior High School, High School, Vocational School of the city of Yogyakarta. As for the methods used by using the techniques of individual supervision, while 33% of the initial research which is able to develop Learning implementation plan (RPP), after coaching at cycle 1 results 83% and done 2 cycles reached 100% results.
Keywords: Individual Supervision, Pedagogy, Teacher Competency PAI, RPP

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada Guru Pendidikan Agama Islam Binaan Sertifikasi NON PNS SMP, SMA, SMK dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP, SMA, SMK Kota Yogyakart. Adapun metode yang digunakan menggunakan teknik supervisi individual, sedangkan penelitian awal 33% yang mampu mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setelah dilakukan pembinaan pada siklus 1 mencapai hasil 83% dan dilakukan siklus 2 mencapai hasil 100%.
Kata Kunci: Supervisi Individual, Kompetensi Pedagogik, Guru PAI, RPP

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Moch. Idochi. 2004. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta
BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: BSNP.
Depdiknas. 1997. Petunjuk Pengelolaan Adminstrasi Sekolah Dasar. Jakarta:Depdiknas.
Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Revitalisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta:Program Pendidikan Menengah Umum.
Depdiknas. 2004. Supervisi Akademik; Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah; Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2008. Pedoman Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA/SMK. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Djamarah, SB. Zain, A. 1996. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Glickman, C. D. 1981. Developmental Supervision: Altenative practices for helping teachers. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Gickman, C. D. 1990. Supervision of instruction: A developmetn approach (2nd ed.).
Boston: Allyn and Bacon.
Gwynn, J.M. 1961. Theory and Practice of Supervision. New York: Dodd, Mead & Company.
Harahap, Baharuddin. 1983. Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan olehGuru, Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Makmun, Abin Syamsudin. 2005. Psikologi Kependidikan, Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E., 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sagala, H. Syaiful. 2006. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Sahertian, Piet A. 2000. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, H. Nana. 2009. Penelitian Tindakan Kepengawasan, Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Jakarta: Binamitra Publishing.
Supandi. 1996. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama Universitas Terbuka.
Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2018-12-13