Permainan Variatif untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka: Studi pada Anak di RA Masyithoh Bantul pada Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Supriyati Idi Soepyanto
Keywords: Variative Game, Ability to Recognize Numbers, RA Masyithoh

Abstract

Abstract

Class action research aims to find out the optimization of the introduction of the coat of arms of Numbers through game price in Learning activities. Study was carried out with the strategy of playing while learning or studying while playing continuously in an attempt to improve the understanding of the coat of arms of the number 1-20, on the student group B RA Masyithoh Wonolelo Pleret Mojosari Bantul. The study lasted for 2 (two) cycle. The data collection method used is the method of observation, and documentation. The instruments used are questionnaire, observation sheets, cheklist learning process, assessment sheet documents syllabus and assessment sheet document RPPH. This research was done before the child has not yet come to know the numbers. The results showed that children's understanding about the symbol number of the 1-20 increases. This success is determined by several factors, among others, the factors of teachers, students, as well as infrastructure means the learning itself.

Keywords: Variative Game, Ability to Recognize Numbers, RA Masyithoh

 

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui optimalisasi Pengenalan Lambang Bilangan melalui permainan bervariatif dalam kegiatan Pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan dengan strategi bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain secara berkesinambungan dalam upaya meningkatkan pemahaman lambang bilangan 1-20, pada siswa kelompok B RA Masyithoh Mojosari Wonolelo Pleret Bantul. Penelitian ini berlangsung selama 2 (dua) siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, cheklist, lembar pengamatan proses pembelajaran, lembar penilaian dokumen silabus dan lembar penilaian dokumen RPPH. Sebelum dilakukan penelitian ini anak belum mengenal angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman anak tentang lambang bilangan 1-20 meningkat. Keberhasilan ini ditentukan oleh beberapa faktor antara lain dari faktor guru, siswa, sarana/prasarana, maupun pembelajaran itu sendiri.

Kata Kunci: Permainan Variatif, Kemampuan Mengenal Angka, RA Masyithoh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
B., Hurlock, Elizabeth. 1993. Perkembangan Anak (jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Mulyadi, Seto. 2004. Bermain dan Kreativitas, Jakarta: Papas Sinar Sinanti
Murani, Yuliani & Sujiono. 2009. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: PT INDEKS.
Musfiroh, Tadkirotun, 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan (Stimulasi Multiple Intellegences Anak Usia Taman Kanak-Kanak). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain AUD. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurcahyo, Agus, 2011. Gudang Permainan Kreatif Khusus Asah Otak Kiri Anak. Jogjakarta: Flashbooks.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional R.I No. 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&/D. Bandung: Alfabeta
Triharso, Agung, 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Yulianty, R., 2012. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Aksara
Published
2018-12-13