Pengembangan Media Pembelajaran Biodiversitas Berbasis Android

Authors

  • Bella Pratiwi K. P Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Raafi Nur Ali Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Eka Sulistiyowati Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37079/jtcre.v1i1.21

Keywords:

Pembelajaran berbasis android, pendidikan biodiversitas, tantangan dan peluang

Abstract

Pada perkembangan era informasi saat ini, terdapat kecenderungan di dalam masyarakat yang membutuhkan media berbasis elektronik terutama dalam dunia pendidikan. Perlunya media pendukung pembelajaran khususnya biologi untuk pendidikan biodiversitas di Indonesia dalam pembelajaran di sekolah. Sebagai negara yang dinobatkan sebagai kawasan megabiodiversitas, Indonesia memiliki peluang dan tantangan untuk memberikan pendidikan biodiversitas sebagai salah satu upaya konservasi dan perlindungan terhadap kekayaan hayati Indonesia. Pendidikan biodiversitas di jenjang formal sangat terikat dengan standar proses yang tertera dalam kurikulum, pada Kompetensi Dasar pendidikan materi keanekaragaman hayati mengandung makna yang mendalam yaitu sebuah upaya penyelamatan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Paper ini berupaya untuk menganalisis peluang dan tantangan untuk pendidikan biodiversitas di Indonesia, dilihat dari kebijakan kurikulum, dan sarana dan sarana yang tersedia di sekolah serta kondisi kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erdogan, M. (2009). Components Of Environmental Literacy in Elementary Science Education Curriculum in Bulgaria And Turkey. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Teknology Education, 15–26.

Fajri, R. (2017). Identifikasi Lokasi Letak Kepompong Kupu-kupu (Lepidoptera) di Kawasan Ekosistem Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(Pendidikan), 72–76.

Fani, I. T. (2016). Pengembangan E-Book Interaktif Elektrokimia Berbasis Kehidupan Sehari-Hari (Skripsi). Universitas Lampung Bandar Lampung.

Kemendikbud. (2013). Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas SMA/MA Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Perbukuan Kemendikbud.

Leksono, dkk. (2012). Sikap Mahasiswa terhadap Scientific Field Trips pada Perkuliahan Biologi Konservasi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan.

Leksono, dkk. (2013). Kemampuan Profesional Guru Biologi Dalam Memahami Dan Merancang Model Pembelajaran Konservasi Biodiversitas Di SMA. Cakrawala Pendidikan.

Leksono, S. M., Rustaman, N., & Redjeki, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru Biologi Dalam Memahami dan Merancang Model Pembelajaran Konservasi Biodiversitas di SMA. Jurnal Pendidikan, (Pendidikan), 408–419.

Nurdin, A. (2015). Penerapan E-book Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran dan Perubahan Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Waled.

Pradana, B. I. (2013). Buku Panduan Lapangan Keanekaragaman Jenis Herpetofauna di Kampus Universitas Negeri Semarang Sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa SMP/MTs (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Rahman, D. A. (2010). Karakteristik Habitat dan Preferensi Pohon Sarang Orangutan ( Pongo pygmaeus wurmbii ) di Taman Nasional Tanjung Puting (Studi Kasus Camp Leakey ), 7(2), 37–50.

Santosa, Y., Siregar, J. P., Rinaldi, D., & Rahman, D. A. (2012). Faktor – Faktor Penentu Keberhasilan Pelepasliaran Orangutan Sumatera ( Pongo Abelii ) di Taman Nasional Bukit Tigapuluh (Determinant Factors on Success of Sumatran Orangutan ( Pongo Abelii ) Reintroduction in Bukit Tiga Puluh National Park ), 17(April 2004), 186–191.

Sarah, S., & Maryono. (2014). Keefektivan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal Dalam Pembelajaran Fisika SMA Daklam Meningkatkan Living Values Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 02(Pendidikan), 36–42.

Setia, T. M. (2002). Diseminasi Hasilriset Keanekaragaman Hayati Untuk Masyarakat Melalui Program Pendidikan Konservasi [ Dissemination of Research Invention in Biodiversity for Community by Conservational Education Programmes ], 6(April), 151–158.

Sodiq, F. (2018). Inventarisasi Arthropoda di Candi Abang, JAZ, dan Kawasan Bambanglipuro Yogyakarta Serta Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi SMA. UIN Sunan Kalijaga.

Setia, T. M. (2002). Diseminasi Hasilriset Keanekaragaman Hayati Untuk Masyarakat Melalui Program Pendidikan Konservasi [Dissemination of Research Invention in Biodiversity for Community by Conservational Education Programmes], 6(April), 151–158.

Sjam, A. R., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone (Studi pada Pengguna Smartphone Asus Zenfone 5 di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6, 1–7.

Sukirman, H. (2014). Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Pertama). Yogyakarta: UNY Press.

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, (Pendidikan), 1–13.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

P, B. P. K., Ali, R. N., & Sulistiyowati, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biodiversitas Berbasis Android. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.37079/jtcre.v1i1.21

Issue

Section

Articles