Analisis Persepsi Mahasiswa Tentang Pendidikan Inklusif

Authors

  • Nur Indah Nugraheni Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Karmanto Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.22-05

Keywords:

persepsi, mahasiswa pendidikan kimia, UIN Sunan Kalijaga, faktor internal, faktor eksternal

Abstract

Mahasiswa kependidikan merupakan mahasiswa yang dipersiapkan sebagai calon pendidik. Salah satunya adalah mahasiswa pendidikan kimia yang dipersiapkan sebagai calon guru kimia. Mahasiswa pendidikan kimia hendaknya memiliki pemahaman yang komprehensif terkait pendidikan inklusif karena fakta dilapangan memperlihatkan tidak ada siswa yang sempurna. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa pendidikan kimia UIN Sunan Kalijaga tentang pendidikan inklusif, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa, dan merumuskan model matematis untuk persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif. Kajian identifikasi persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif dilakukan dengan metode survei, instrumen yang digunakan adalah kuisioner, serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif dilakukan dengan metode survei, instrumen yang digunakan adalah kuisioner, serta teknik analisis data dengan kategorisasi. Merumuskan model matematis untuk persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif berdasarkan faktor yang mempengaruhi dilakukan dengan metode statistika regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa pendidikan kimia UIN Sunan Kalijaga memiliki persepsi sedang tentang pendidikan inklusif sebesar 39,09% dengan mean 111,26. Berdasarkan hasil penelitian, faktor internal yang berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa adalah aspek pengetahuan. Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa adalah aspek kerjasama. Berdasarkan analisis yang dilakukan, model matematis yang sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa tentang pendidikan inklusif dirumuskan sebagai Y = 8,202 + 3,696X1 + 4,201X2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Avramidis, E., & Norwich, B. (2002). Teachers’ attitudes towards integration/inclusion:a review of the literature. European Journal of Special Needs Education, 17(2), 129–147. https://doi.org/10.1080/08856250210129056

Ghozali, I. (2002). Aplikasi analisis multivariat dengan program spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Komariyah, Nurul, S., Bagaskorowati, Riana, Lianty, & Leliana. (2017). Pemahaman guru terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif wilayah kepulauan seribu. Jurnal Parameter, 29(2), 0216-26IX. https://doi.org/10.21009/parameter.292.09

Malinen, O.P. (2013). Inclusive education from teachers’ perspective. Examining pre- and in-service teachers’ selfefficacy and attitudes in mainland China. Disertasi: University Of Eastern Finland.

Illahi, M.T.( 2013). Pendidikan inklusif konsep dan aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz.

Indianto, R. (2013). Materi implementasi pendidikan inklusi. Surabaya: Universitas Sebelas Maret.

Raharjo, S., & Gunanto. (2011). Pemahaman individu teknik non tes. kudus: Nora Media Enterprise

Saputra, A. (2016). Kebijakan pemerintah terhadap pendidikan inklusif. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 1–14. https://doi.org/doi.org/10.14421/jga.2016.13-01

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Affabeta.

Sunarno, A., & Syaifullah. (2011). Metode penelitian keolahragaan. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Nugraheni, N. I. ., & Karmanto. (2020). Analisis Persepsi Mahasiswa Tentang Pendidikan Inklusif. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 2(2), 91–98. https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.22-05

Issue

Section

Articles