Pengembangan Buku Panduan Outbound IPA SMP/MTS Dengan Guided Note Taking

Authors

  • Rinta Nur Ariyani Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Budi Mulia Dua, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37079/jtcre.v1i1.11

Keywords:

Pengembangan, buku panduan Outbound, guided note taking, materi dan sifatnya.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan produk buku panduan outbound IPA SMP/MTs dengan Guided Note Taking berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik IPA SMP/MTs, dan instruktur outbound. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penilaian produk meliputi 8 aspek penilaian dengan 22 kriteria menggunakan instrumen lembar skala 5. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku panduan outbound. Karakteristik produk buku panduan outbound IPA bidang kajian materi dan sifatnya yang dikembangkan diberi judul “outbound Sains? Ayo!” yang terdiri dari 15 permainan dengan terbagi menjadi 5 pos, setiap pos terdiri kompetensi dasar, alokasi waktu, peralatan, tujuan outbound, guided note taking dalam bentuk cerita pendek, instruksi dan makna permainan. Hasil penelitian dan pengembangan buku panduan outbound IPA berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 49 dan persentase keidealan 81,67%, ahli media menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 46 dan persentase keidealan sebesar 92%, pendidik IPA SMP/MTs menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 101,7 dan persentase keidealan sebesar 92% dan instruktur outbound menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 53 dan persentase keidealan sebesar 76%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christianti, Sudarmin., & Soebroto,T. (2012). Model Pembelajaran Guided note taking Berbantu Media Chemo-Edutainment pada Materi Pokok Koloid, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1:2731.doi:https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2009/2123

Damaryanti, V., Hariyadi,S., & Hariani, S.A. (2014). “Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri Pada Materi Pokok Bahasan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP 1 Maesan Bondowoso”. Jurnal Penelitian: FKIP Universitas Jember. Retrieved From https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/766

Depdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidkan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 68 Tahun 2013, Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.

Dewi, M.T.P., Ketut, P., & Putu, N.R. (2014). “Pengaruh Metode Edutainment terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Gugus XV”. E- Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1)

Hamid, M.S. (2011). Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva Press.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Kurikulum 2013.

Mahmudi, A., Sahid., Himmawati, P.L., & Kuswari, H. (2013). Interactive Student’s Book Berbasis ICT untuk Mendukung Aktivitas Eksplorasi Konsep-Konsep Geometri. Prosiding. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY: Yogyakarta.

Poedjiadi, A. (2007). Sains Teknologi Masyarakat, Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Rosda Karya.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Ariyani, R. N. . (2019). Pengembangan Buku Panduan Outbound IPA SMP/MTS Dengan Guided Note Taking. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.37079/jtcre.v1i1.11

Issue

Section

Articles