Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Materi Sifat Koligatif Larutan

Authors

  • Alfiyani Lestari SMA Taman Madya Jetis, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37079/jtcre.v1i1.20

Keywords:

pengembangan, modul, inkuiri terbimbing, Chemo-Entrepreneurship.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan modul kimia yang mengaitkan kimia dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang kewirausahaan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu menguji kualitas dan keterlaksanaan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi sifat koligatif larutan. Pengembangan ini menggunakan model 4-D (tanpa disseminate) yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. Penilaian kualitas produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, 3 Peer Review, 3 guru kimia, dan 10 peserta. Uji keterlaksanaan diamati oleh 3 observer dan direspon oleh 30 peserta didik. Proses pengambilan data kualitas modul dengan menggunakan angket dan uji keterlaksanaan dengan menggunakan lembar observasi yang telah divalidasi oleh dosen ahli instrumen. Data yang diperoleh dianalisis guna mengetahui kualitas modul kimia dan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian kualitas yang diperoleh dari ahli media 86,84% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli materi 82,14% kategori Sangat Baik (SB), guru kimia
83,33% kategori Sangat Baik (SB), dan peserta didik 87,5% kategori Sangat Baik (SB). Uji keterlaksanaan memperoleh persentase rata-rata 90,3% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan direspon positif oleh peserta didik dengan perolehan persentase sebesar 91,25%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyasa. (2008). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung:Remaja Rosdakarya Offset

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teorotis dan Parktik Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Supartono. (2006). Chemo-Entrepreneurship (CEP) Sebagai Pendekatan Pembelajaran Kimia Yang Inovatif Dan

Kreatif. Semarang: Prossiding Seminar Nasional Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam

Supartono., Wijayanti, N., & Sari, A.H. (2009). Kajian Prestasi Belajar Siswa SMA Dengan Metode Student Teams Achievement Divisions Melalui Pendekatan Chemo-Entrepreneurship. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 3, No 1, Hal: 338. Retrieved from:https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/1263

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri

Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen. Yogyakarta: Pustaka pelajar

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Lestari, A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Materi Sifat Koligatif Larutan. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.37079/jtcre.v1i1.20

Issue

Section

Articles