Pengembangan Video Praktikum Kimia Materi Larutan Eletrolit dan Nonelektrolit Ramah Difabel Rungu “VIP RUNGU”
DOI:
https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.21-02Keywords:
pengembangan, video praktikum, larutan elektrolit dan nonelektrolit, difabel runguAbstract
Praktikum kimia merupakan rangkaian kegiatan yang dapat memungkinkan siswa untuk menerapkan berbagai keterampilan proses sains. Praktikum dilakukan di sekolah inklusi diikuti oleh seluruh siswa termasuk siswa tunarungu. Tunarungu diartikan sebagai seorang yang kekurangan atau kehilangan kemampuan dengar sehingga dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi lisannya. Keterbatasan komunikasi lisan, umumnya menjadi salah satu faktor kesulitan belajar bagi siswa difabel rungu. Permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran di sekolah tidak selalu diadakan praktikum dengan berbagai penyebab dan kebutuhan. Oleh sebab itu, diperlukan media yang dapat memudahkan siswa difabel rungu dalam menerima materi praktikum kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video praktikum kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang ramah difabel rungu. Penelitian ini dilakukan uji kualitas oleh pakar ahli dan direspon oleh pengguna terhadap produk “VIP RUNGU”. Pengembangan media dilakukan dengan pendekatan model 4-D yang meliputi tahap definisi, perancangan, dan pengembangan. Uji kualitas produk dilakukan dengan metode expert judgement menggunakan instrumen lembar angket penilaian kualitas ahli untuk mendapatkan skor kualitas. Analisis respon pengguna menggunakan instrumen lembar angket respon siswa untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap produk “VIP RUNGU”. Kualitas media yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian ahli pendidikan inklusi masuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan respon siswa terhadap media “VIP RUNGU” mendapatkan persentase keidealan sebesar 90% yang menunjukkan kepuasan responden terhadap media yang dikembangkan.
Downloads
References
Anonim. (2018). Al-Qur'an dan Terjemahan. Bandung: Cardoba.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arum, D. M. (2014). Visualisasi Tuntunan Sholat untuk Tuna Rungu Berbasis Media Interaktif. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer, 1-9.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dila U, D. F. (2016). Multimedia Interaktif Simulasi Larutan Asam Basa dengan Metode Depth First Search (DFS). TEKNO, 53-61.
Hadiwiyono, W. (2014, Desember Rabu). Hak Pendidikan bagi Penyandang Disabiilitas. Tribun Opini, hal. 13-14.
Kamaludin, A. (2015). Identifikasi Media Pembelajaran Kimia bagi Peserta Didik Difabel Netra dan Rungu pada SMA/MA Inklusi di Yogyakarta. Inklusi, 260-272.
Stubbs, S. (2002). pendidikan Inklusif Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber judul asli "Inclusive Education Where There Are Few Resources". Bandung: UPI.
Subagia, I. W. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV , 152-163.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suja, I. W. (2014). Penggunaan Analogi dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 397-410.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.