Simbol Agama Dan Budaya Dalam Iklan Politik Pilkada Analisis Semiotika Roland Barthes

Muhammad Syafi’i
* UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI: https://doi.org/10.14421/lijid.v2i1.1878

Abstract


This study seeks to reveal the use of religious symbols (Islam) and reveal the meaning of the use of these symbols in the context of society in the regional elections (2015) in Banjarmasin. Therefore, the author uses Roland Barthes's semiotic theory to reveal the ideological meaning of symbols in relation to certain people's culture or habits. This research proves that the meaning of religious symbols appears as an effort to represent the piety of the candidates. Thus, these ideological symbols also exploit knowledge and regional history and religiosity.


Keywords


Religious Symbols; Advertising; Politics; Connotation; Myth

Full Text:

PDF

References


Alielha, Syafi’, “Pseudo Demokrasi dalam UU Politik tahun 1999 dan Pemilu 1999”, Juri Ardiantoro F (ed.), Transisi Demokrasi, Jakarta: Komite Independen Pemantau Pemilu, 1999

Aminudin, Kekuatan Islam dan Pergulatan Kekuasaan di Indonesia: Sebelum dan Sesudah Runtuhnya Rezim Soeharto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999

Amran, “Basis Aad Jadi Rebutan Kandidat”, Http://mediakalimantan.com/artikel-5402-basis-aad-jadi-rebutan-kandidat, diakses pada 14 April 2016.

Barthes, Roland, S/Z, terj. Richard Miller, United Kingdom: Blackwell, 2002.

_____, Mitologi, terj. Nurhadi, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2004.

_____, Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa, terj. Ikramullah Mahyudin, Yogyakarta: Jalasutra, 2006.

_____, Imaji, Musik, Teks (Esai-Esai Terpilih dan Disunting oleh Stephen Heath), terj. Agustinus Hartono, Yogyakarta: Jalasutra, 2010.

Budiman, Kris, Kosa Semiotika, Yogyakarta: LKiS, 1999.

Cangara, Hafied, Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi, Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Culler, Jonathan, Seri Pengantar Singkat: Barthes, Cet. I, Yogya- karta: Penerbit Jendela, 2003.

Danesi, Marcel, Pesan, Tanda, dan Makna, Cet. II, Yogyakarta: Jalasutra. Vol. II, No. 1, Juni 2019 103

MUHAMMAD SYAFI’I

Gazali, Effendi, “Interaksi Politik dan Media: Dari Komunikasi Politik ke Politik Komunikasi,” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 8, No. 1, Juli 2004.

Haryati, “Ketika Parpol Mengiklankan Kandidatnya,” Jurnal MediaTor. Vol. 3, No. 2, Januari 2004.

Jansz, Paul Cobley & Litza, Mengenal Semiotika for Beginners, terj. Ciptadi Sukono, Bandung: Mizan, 2002.

Jung, Carl Gustav, Memperkenalkan Psikologi Analitis: Pen- dekatan terhadap Ketaksadaran, terj. Agus Cremers, Jakarta: Gramedia, 1986.

Kurniawan, Semiologi Roland Barthes, Magelang: Yayasan Indonesiatera, 2001.

Luzar, Monica Laura Christina, “Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan”, Jurnal Humaniora, Vol. 2, No. 2, Oktober 2011.

Masduki, Anang, “Identitas dalam Pemilu SBY dan Megawati,” Channel, Vol. 3, No. 1, April 2015.

Nimmo, Dan, Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media, terj. Tjun Surjaman, Cet. VII, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Qodir, Zuly, Sosiologi Politik Islam: Kontestasi Islam Politik dan Demokrasi di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012. Rusmana, Dadan, Filsafat Semiotika, Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Tinarbuko, Sumbo, Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta: Jalasutra, 2013.

Urbaningrum, Anas, Revolusi Sunyi, Mengapa Partai Demokrat dan SBY Menang dalam Pemilu 2009? Bandung: Mizan, 2010.

Wattimena, Reza A. A., “Indonesia, Nasionalisme, dan Ingatan Kolektif: Mengembangkan Nasionalisme melalui Penegasan Ingatan Kolektif,” Jurnal Melintas, Vol. 25, No. 2, 104 Vol. II, No. 1, Juni 2019

SIMBOL AGAMA DAN BUDAYA DALAM IKLAN POLITIK PILKADA Februari 2009.

Haramain, A. Malik & M. F. Nurhuda, Mengawal Transisi: Refleksi atas Pemantauan Pemilu ’99, Jakarta: Kerjasama Jaringan Masyarakat Pemantau Pemilu Indonesia Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (JAMPPI-PB PMII) dengan United Nations Development Programme (UNDP), 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Living Islam: Journal of Islamic Discourses
http://ejournal.uin-suka.ac.id/ushuluddin/li

Prodi Magister Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta.