Bimbingan Kelompok dalam Membantu Perencanaan Studi Lanjut Siswa Kelas XII MAN 2 Kuningan
Keywords:
Bimbingan Kelompok; Studi Lanjut.Abstract
The high interest of Madrasah Aliyah students to continue their education to a higher level is still constrained by confusion in choosing a study program due to lack of further study information or career information, problems regarding costs, and problems with parents. Ideally, every class XII student should have careful planning so that they can determine the steps after completing their education to the next level according to their talents and interests. With the implementation of group guidance services, it is hoped that class XII students can exchange ideas about the importance of planning a career from an early age, and be able to foster enthusiasm in individuals to have plans for further studies or careers. This activity aims to help improve students' understanding and ability in planning careers or further studies. The method used is community education through group guidance. The subjects in this study were class XII students of MAN 2 Kuningan. The data collection technique is unstructured interview. The results of this community service activity showed that students' knowledge about further studies increased and some students began to be able to plan their further studies.
Tingginya minat siswa Madrasah Aliyah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi masih terkendala dengan kebingungan dalam memilih program studi dikarenakan kurangnya informasi studi lanjut atau informasi karir, adanya masalah perihal biaya, serta adanya persoalan dengan orang tua. Idealnya setiap siswa kelas XII harus memiliki perencanaan yang matang sehingga dapat menentukan langkah setelah menyelesaikan pendidikan menuju jenjang selanjutnya sesuai bakat dan minatnya. Dengan dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok diharapkan siswa kelas XII dapat bertukar pikiran tentang pentingnya merencanakan karir sejak dini, dan mampu menumbuhkan semangat pada diri individu untuk memiliki recana dalam studi lanjut atau karir. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam merencanakan karir atau studi lanjutnya. Metode yang digunakan adalah pendidikan masyarakat melalui bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 2 Kuningan. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara tak terstruktur. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa pengetahuan tentang studi lanjut siswa bertambah dan sebagian siswa mulai mampu merencanakan studi lanjutnya.
References
Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling. 1 (1), 45-56.
Heer, E.L., & Cramer, S.H. (1984). Career Guidance And Counseling Through The Life Span.
Canada: Little, Brown & Company Limited.
Munandir. (1996). Program Bimbingan Karier di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
Mutammimah, Etty. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kudus. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling. 2 (1), 1.
Nadiarenita, Agrery Ayu, dkk. (2017). Pengembangan Paket Bimbingan Perencanaan Studi Lanjut dengan Model Creative Problem Solving Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 2017, 18–25
Nursalim, M & Setyowati, D.D. 2009. Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Surabaya. 10 (2): 1-13.
Saputra, Bayu, dkk. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. 1 (1), 1.
Syamsiah, E. N. (2012). Profil Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas serta Implikasinya Bagi Bimbingan Karir. Skripsi. Bandung: Jurusan Bimbingan dan Konseling UPI Bandung. (Http://repository.upi.edu), diakses 10 Februari 2016.
Sumanto.(2014). Psikologi perkembangan.Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Tohirin. 2007. Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Raja Grafindo Persada.
Jakarta
Ward & Peppard (2012). Strategic Panning for Information System. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Altruism: The Indonesian Journal of Community Engagement
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.