Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Branding Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Kencana di Kantor Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta

Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Branding Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Kencana di Kantor Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Afida Hasna Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • Diyah Ayu Puspitaningrum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • N Novitasari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • Nisrina Rindana Putri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • Siti Aisah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • Nur Fitriyani Hardi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

pandemi COVID-19, media sosial, layanan konseling

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat seluruh masyarakat untuk membatasi diri dalam berinteraksi dengan orang lain, sehingga berdampak bagi kehidupan manusia. Hal tersebut juga berdampak pada layanan konseling pada Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Kencana di Kantor Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejak awal pandemi COVID-19 hingga sekarang, tidak banyak masyarakat umum yang mengetahui adanya layanan konseling keluarga gratis di Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Kencana di Kantor Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh karena itu, perlu adanya pemanfaatan media sosial sebagai sarana branding Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Kencana di Kantor Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengabdian masyarakat ini melalui beberapa tahap, diantaranya: (1) penyebaran pamflet layanan konseling PPKS Kencana di Kantor Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta;  (2) mengaktifkan akun Instagram PPKS Kencana Kantor Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta; (3) membuat akun TikTok PPKS Kencana Kantor Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta; serta (4) mengadakan event webinar tentang kesehatan reproduksi.

[The COVID-19 pandemic has forced all people to limit themselves in interacting with others, so that it has an impact on human life. This also has an impact on counseling services at the Kencana Family Welfare Service Center at the Yogyakarta Special Region BKKBN Representative Office. Since the beginning of the COVID-19 pandemic until now, not many of the general public are aware of the free family counseling service at the Kencana Family Welfare Service Center at the Yogyakarta Special Region BKKBN Representative Office. Therefore, it is necessary to use social media as a means of branding the Kencana Family Welfare Service Center at the Yogyakarta Special Region BKKBN Representative Office. This community service went through several stages, including: (1) distribution of the PPKS Kencana counseling service pamphlet at the Yogyakarta Special Region BKKBN Representative Office; (2) activate the PPKS Kencana Instagram account at the Yogyakarta Special Region BKKBN Representative Office; (3) create a PPKS Kencana TikTok account at the Yogyakarta Special Region BKKBN Representative Office; and (4) holding webinars on reproductive health.]

References

Anonim. (2021). Profil PPKS (Pusat Pelayanan Keluarga SEJAHTERA) “Kencana”. Retrieved from http://ppkskencanadiy.blogspot.com/p/tentang-kami.html, diakses tanggal 22 Desember 2021.

Bastian, O. A., Rahmat, H. K., Basri, A. S. H., Rajab, D. D. A., & Nurjannah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menangkal Radikalisme pada Generasi Millenial di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 126-133.

Febriyani, C. (2021). Selama pandemi, pengguna internet di Indonesia tumbuh 15,5 persen. Retrieved from https://www.industry.co.id/read/87510/selama-pandemi-pengguna-internet-di-indonesia-tumbuh-155-persen, diakses tanggal 19 November 2021.

Karsono, P. & Salman, A. M. B. (2021). Strategi Branding dalam Meningkatkan Kepercayan Masyarakat terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869-880. Retrieved from http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/2649/1254.

Marufah, N., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Degradasi Moral sebagai Dampak Kejahatan Siber pada Generasi Millenial di Indonesia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191-201. http://dx.doi.org/10.31604/jips.v7i1.2020.191-201

Muara, T., Prasetyo, T. B., & Rahmat, H. K. (2021). Psikologi Masyarakat Indonesia di Tengah Pandemi: Sebuah Studi Analisis Kondisi Psikologis Menghadapi COVID-19 Perspektif Comfort Zone Theory. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 69-77. http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.69-77

Prawiro, M. (2020). Pengertian Perencanaan: Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenis Perencanaan. Retrieved from https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-perencanaan.html, diakses tanggal 23 Desember 2021.

Rahmat, H. K., & Alawiyah, D. (2020). Konseling Traumatik: Sebuah Strategi Guna Mereduksi Dampak Psikologis Korban Bencana Alam. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 6(1), 34-44. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i1.372

Rahmat, H. K., & Budiarto, A. (2021). Mereduksi Dampak Psikologis Korban Bencana Alam Menggunakan Metode Biblioterapi Sebagai Sebuah Penanganan Trauma Healing [Reducing The Psychological Impact of Natural Disaster Victims Using Bibliotherapy Method as a Trauma Healing Handler]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(1), 25-38. https://doi.org/10.15575/jcic.v1i1.59

Rahmat, H. K., Basri, A. S. H., Putra, R. M., Mulkiyan, M., Wahyuni, S. W., & Casmini, C. (2022). THE INFLUENCED FACTORS OF SPIRITUAL WELL-BEING: A SYSTEMATIC REVIEW. Sociocouns: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 2(1), 43-58.

Rahmat, H. K., Pernanda, S., Casmini, C., Budiarto, A., Pratiwi, S., & Anwar, M. K. (2021). Urgensi Altruisme dan Hardiness pada Relawan Penanggulangan Bencana Alam: Sebuah Studi Kepustakaan [The Urgency of Altruism and Resilience in Natural Disaster Management Volunteers: A Literature Study]. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 1(1), 45-58. https://doi.org/10.15575/aiccra.v1i1.87

Rahmat, H. K., Ramadhani, R. M., Ma'rufah, N., Gustaman, F. A. I., Sumantri, S. H., & Adriyanto, A. (2020). Bantuan China Berupa Alat Uji Cepat COVID-19 kepada Filipina: Perspektif Diplomacy and International Lobbying Theory. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(1), 19-27.

Rufaidah, A. (2017). Perencanaan Program Dakwah Gerakan Pelajar Tanpa Pacaran Surabaya. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Sulistio, A. B. (2020). Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis. Retrieved from https://indonesia.sae.edu/wp-content/uploads/2021/02/Branding-Sebagai-Inti-Dari-Promosi-Bisnis.pdf, diakses tanggal 23 Desember 2021.

Suroso, A. S. & Salehudin, M. (2021). Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 7(1), 44-55. Retrieved from https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/165/138.

Syafnidawaty, S. (2020). Apa itu evaluasi?. Retrieved from https://raharja.ac.id/2020/11/13/apa-itu-evaluasi, diakses tanggal 21 November 2021.

Yanto, B. (2019). Pengertian Reduksi Data. Retrieved from https://www.pengertianilmu.com/2019/07/pengertian-reduksi-data.html, diakses tanggal 23 Desember 2021.

Yanuarita, H., & Haryati, S. (2021). PENGARUH COVID-19 TERHADAP KONDISI SOSIAL BUDAYA DI KOTA MALANG DAN KONSEP STRATEGIS DALAM PENANGANANNYA. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, 2(2), 58-71. https://doi.org/10.24843/JIWSP.2020.v02.i02.p01

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Hasna, A., Puspitaningrum, D. A., Novitasari, N., Putri, N. R., Aisah, S., & Hardi, N. F. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Branding Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Kencana di Kantor Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta. Altruism: The Indonesian Journal of Community Engagement, 1(1), 9–16. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/aijce/article/view/2201
Loading...