POLA ASUH ANAK DI TENGAH PANDEMI COVID-19: Pendekatan Humanistik dalam mendukung Tumbuh Kembang Anak

Yusuf Effendi
* UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI: https://doi.org/10.14421/welfare.2020.092-03

Abstract


The COVID-19 pandemi has made all children's activities ranging from teaching and learning activities to self-development to be carried out at home. Parents are required to be able to guide and facilitate all their children's needs to ensure that children can learn and develop well. For that we need a good parenting style and support the child's self development. The purpose of this study is to find a complete integration of parenting patterns based on Abraham Maslow's humanistic concept to ensure the fulfillment of children's needs amid the COVID-19 pandemi while ensuring that children develop well. This study uses a qualitative research method with a literature approach to collect, study and analyze a complete concept of parenting in the midst of a pandemic. This research found that the integration of humanistic concepts in parenting in the midst of the COVID-19 pandemi resulted in a holistic parenting concept by paying attention to several aspects such as the fulfillment of physiological needs, security, love and affection, self-esteem and culminating in self-actualization where children are capable. understand and develop self potential well.

 

Keyword : COVID-19, Pandemi, Parenting, Humanistic Psychology


Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Sholeh. Pendidikan Agama Dan Pengembangan Untuk Bangsa. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Afiyati Laili, Dkk. “Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Aktualisasi Diri Anak Usia Prasekolah Di Tk Aba 31 Ngaliyan Semarang.” Fikkes: Jurnal Keperawatan Volume 6 Nomor 1 (March 2013).

Ahmad Munjin Nasih And Lilik Nur Kholidah. Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Refika Aditama, 2009.

Aini, Dian Fitri Nur. “Self Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan Kasus Bullying.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (Jp2sd) 6, No. 1 (2018): 36–46.

Aini, Dian Fitri Nur, Fattah Hanurawan, And Hariyono Hariyono. “Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Anak Tenaga Kerja Indonesia (Studi Kasus Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Blitar).” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1, No. 9 (2016): 1875–1879.

Alvina Dan Woro Kurnianingrum. “Penerapan Art Therapy Untuk Meningkatkan Self-Esteem Anak Usia Middle Childhood.” Jurnal Muara Ilmu Sosial Humaniora Dan Seni Volume 2 Nomor 1 (April 2018).

Amalia, Rizki, And Yolanda Pahrul. “Intervensi Konselor Sekolah Untuk Meningkatkan Self Esteem Bagi Anak Keluarga Broken Home.” Jurnal Pendidikan Tambusai 3, No. 2 (2019): 632–640.

Anggaswari, Aa Ayu Wulan Dwi, And I. Gusti Ayu Putu Wulan Budisetyani. “Gambaran Kebutuhan Psikologis Pada Anak Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku (Tinjauan Kualitatif Dengan Art Therapy Sebagai Metode Penggalian Data).” Jurnal Psikologi Udayana 3, No. 1 (2016).

Anggraini, Dian Isti, And Ayu Septia Damayanti. “Sarapan Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah.” Jurnal Majority 6, No. 2 (2017): 115–119.

Aryanti, Zusy. “Kelekatan Dalam Perkembangan Anak.” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 12, No. 02 (2017): 245–258.

Asih, Sri Hartini Mardi, Asti Nuraeni, Ratnasari Ratnasari, And Diah Ayu Istiqomah. “Pengaruh Sarapan Pagi Terhadap Status Gizi Anak Usia Sekolah Di Sdn Gisikdrono 01 Semarang.” Urecol (2017): 215–222.

Atsani, Kh Lalu Gede Muhammad Zainuddin. “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam 1, No. 1 (2020): 82–93.

Azizah, Nurul, And Dita Rahmawati. “Perkembangan Anak Usia 3–4 Tahun Berdasarkan Peran Orangtua Di Paud Juwita Harapan Sidoarjo.” Journal Of Issues In Midwifery 1, No. 3 (2018): 38–46.

Carolina, Sally, And Sri Hartati R. Suradijono. “Parental Belief Dan Self-Esteem Anak: Studi Pada Budaya Betawi.” Jurnal Provitae 12, No. 1 (2019).

Desten Welnimus Adu, Dkk. “Hubungan Tingkat Disabilitas Fisik Dalam Pemenuhan Activity Daily Living Dengan Harga Diri Pada Anak Penyandang Disabilitas Fisik Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (Ypac) Malang.” Nursing News Volume 3 Nomor 1 (2018).

Dietz, William, And Carlos Santos-Burgoa. “Obesity And Its Implications For Covid-19 Mortality.” Obesity (2020).

Dong, Ensheng, Hongru Du, And Lauren Gardner. “An Interactive Web-Based Dashboard To Track Covid-19 In Real Time.” The Lancet Infectious Diseases (2020).

Douglas T. Kenrick & Jaimie Arona Krems. “Well-Being, Self-Actualization, And Fundamental Motives: An Evolutionary Perspective.” Noba Scholar (2018).

Ekowati, Dian. “Affective Bibliotheraphy Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Anak Slow Learner Di Sd Inklusi.” Empathy 3, No. 1 (2017).

Fauziah, Mufied, Aprilia Setyowati, And Siti Muyana. “Self-Esteem Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri Se-Kota Yogyakarta.” Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling 4, No. 1 (2019).

Fitriyani, Fitriyani, Nunung Nurwati, And Sahadi Humaedi. “Peran Ibu Yang Bekerja Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3, No. 1 (2016).

Frank G. Goble. Mazhab Ketiga: Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius, 1991.

Ginting, Ernita Mariana, And Rahmi Lubis. “Hubungan Antara Harga Diri Dan Tingkat Pendidikan Dengan Sikap Penerimaan Ibu Terhadap Anak Autis Di Yayasan I-Home Schooling Medan.” Analitika 2, No. 1 (2017): 36–43.

Hasibuan, Alfiansyah, Zulfahmi Syahputra, And Purwa Hasan Putra. “Pengembangan Sistem Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Open Source.” Journal Of Computer System And Informatics (Josyc) 1, No. 4 (2020): 312–323.

Hastuti, Dwi. “Strategi Pengembangan Harga Diri Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan 2, No. 2 (2016): 38–50.

Hasyim Muhammad. Dialog Antara Tasawuf Dan Psikologi: Telaah Atas Pemikiran Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Hendro Setiawan. Manusia Utuh: Sebuah Kajian Atas Pemikiran Abraham Maslow. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2014.

Hidayat, Novi, And Tri Na’imah. “Kebutuhan Akan Rasa Aman Dan Happiness Pada Peserta Didik” (2016).

Iftitah, Selfi Lailiyatul, And Mardiyana Faridhatul Anawaty. “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19.” Jce (Journal Of Childhood Education) 4, No. 2 (2020): 71–81.

Inawati, Asti. “Strategi Pengembangan Moral Dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini.” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 3, No. 1 (2017): 51–64.

Intani, Trya Mia, Yuliarni Syafrita, And Eva Chundrayetti. “Hubungan Pemberian Asi Eksklusif Dan Stimulasi Psikososial Dengan Perkembangan Bayi Berumur 6-12 Bulan.” Jurnal Kesehatan Andalas 8, No. 1s (2019): 7–13.

Iskandar, Azwar, Bayu Taufiq Possumah, And Khaerul Aqbar. “Peran Ekonomi Dan Keuangan Sosial Islam Saat Pandemi Covid-19.” Salam J. Sos. Dan Budaya Syar’i 7, No. 7 (2020).

Islami, Deviyanti Ajeng Nor, And Joko Kuncoro. “Agreeableness Dan Konformitas Dengan Kebutuhan Rasa Aman Pada Anggota Komunitas Punk Di Jawa Tengah.” Proyeksi: Jurnal Psikologi 12, No. 2 (2018): 87–94.

Ismayanti, Pratiwi, And Dwi Hastuti. “Kenakalan Pada Remaja Andikpas (Anak Didik Lapas): Pengaruh Komunikasi Orang Tua Atau Self-Esteem?” Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 10, No. 1 (2017): 36–46.

Jannah, Raodatul, And M. Ridwan Said Ahmad. “Dampak Keluarga Bercerai Terhadap Pendidikan Anak Di Kelurahan Bonto-Bontoa Kabupaten Gowa.” Jurnal Sosialisasi (2020): 126–131.

Julie Anne Laser-Maira. “Moving Toward Self-Actualization: A Trauma Informed And Needs Focused Approach To The Mental Health Needs Of Survivors Of Commercial Child Sexual Exploitation.” International Journal Of Social Works University Of Salford Volume 6 Nomor 2 (2019).

Kennedy, Richard, And Bonaventura Pradana Suhendarto. “Diskursus Hukum: Alternatif Pola Pengisian Jabatan Kepala Daerah Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia 2, No. 2 (2020): 188–204.

Komsi, Dwi Noviana, I. M. Hambali, And M. Ramli. “Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Demokratis, Kontrol Diri, Konsep Diri Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Psychology, Evaluation, And Technology In Educational Research 1, No. 1 (2018): 55–61.

Kurniawati, Dwi Esti. “Peranan Dukungan Sosial Terhadap Aktualisasi Diri Anak Pada Komunitas Saung Mimpi.” Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (2018).

Lilawati, Agustin. “Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Pandemi.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, No. 1 (2020): 549–558.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Manumbalang, Septisya Trophina, Sefti Rompas, And Yolanda B. Bataha. “Hubungan Pola Asuh Dengan Status Gizi Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pulutan Kabupaten Talaud.” Jurnal Keperawatan 5, No. 2 (2017).

Mao, Ren, Jie Liang, Jun Shen, Subrata Ghosh, Liang-Ru Zhu, Hong Yang, Kai-Chun Wu, And Min-Hu Chen. “Implications Of Covid-19 For Patients With Pre-Existing Digestive Diseases.” The Lancet Gastroenterology & Hepatology 5, No. 5 (2020): 426–428.

Mardhiati, Ayinun, And Umar Mansyur. “Teknik Total Physical Respons Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu” (2018).

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Maria, Ina, And Eka Rizki Amalia. “Perkembangan Aspek Sosial-Emosional Dan Kegiatan Pembelajaran Yang Sesuai Untuk Anak Usia 4-6 Tahun” (2018).

Maryam, Siti. “Gambaran Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Ibu Pada Anak Usia Dini Di Gampong Pante Gajah Kecamatan Matang Glumpang Dua Kabupaten Bireuen.” Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies 3, No. 2 (2018): 67–76.

Mestika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Multasih, Endang, And Bambang Suryadi. “Pengaruh Self-Esteem Dan Dukungan Sosial Terhadap Optimisme Masa Depan Anak Jalanan Di Rumah Singgah Jakarta Selatan.” Tazkiya Journal Of Psychology 1, No. 1 (2019).

Muniroh, Siti. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Harga Diri Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Keperawatan 6, No. 2 (2017): 5-Pages.

Oktaria, Renti, And Purwanto Putra. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Pesona Paud 7, No. 1 (2020): 41–51.

Oktavia, Wahyu, And Nur Hayati. “Pola Karakteristik Ragam Bahasa Istilah Pada Masa Pandemi Covid 19 (Coronavirus Disease 2019).” Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya 1, No. 1 (2020): 1–15.

Purandina, I. Putu Yoga, And I. Made Astra Winaya. “Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, No. 2 (2020): 270–290.

Rachmawati, Yulia, And Sunanto Sunanto. “Bcvpeningkatan Pemahaman Orang Tua Tentang Tidur Siang Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Tk Zainul Hasan Genggong Probolinggo.” Jurnal Abdimas Phb: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming 2, No. 1 (2019): 31–33.

Rajagukguk, Solten, And Sandra Olifia. “Peran Media Massa Terhadap Masyarakat Di Saat Pandemi Covid 19” (N.D.).

Rawung, Meilita M., Herlina Is Wungouw, And Damajanty Hc Pangemanan. “Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sd Katolik St Fransiskus Xaverius Kakaskasen Kota Tomohon.” Ebiomedik 8, No. 1 (2020).

Robbiyah, Robbiyah, Diyan Ekasari, And Ramdhan Witarsa. “Pengaruh Pola Asuh Ibu Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Di Tk Kenanga Kabupaten Bandung Barat.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, No. 1 (2018): 76–84.

Rusdin Pohan. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Rijal Institute, 2007.

Sada, Heru Juabdin. “Kebutuhan Dasar Manusia Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, No. 2 (2017): 213–226.

Sampurno, Muchammad Bayu Tejo, Tri Cahyo Kusumandyoko, And Muh Ariffudin Islam. “Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, Dan Pandemi Covid-19.” Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7, No. 5 (2020).

Sari, Mila, And Alamsyah Taher. “Perkembangan Sosial Dan Kepribadian Pada Anak Tunarungu (Studi Penelitian Di Sdlb Kebayakan Takengon, Aceh Tengah).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik 2, No. 1 (2017).

Sarici Bulut, Safiye. “Obstacles To Self-Actualization Of College Students-The Case Of Gazi Faculty Of Education.” Universal Journal Of Educational Research 6, No. 10 (October 2018): 2271–2279.

Sendang Ikramullah, Dkk. “Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Self-Esteem Dan Motivasi Berprestasi Anak Tunagrahita Slb Negeri Kota Bengkulu.” Consilia Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Volume 1 Nomor 1 (2017).

Silaban, Sri Desi Juliana, Ronny Aruben, And Sri Achadi Nugraheni. “Hubungan Status Gizi (Imt/U) Dengan Indeks Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Sma Teuku Umar Kota Semarang 2016.” Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal) 5, No. 1 (2017): 315–321.

Suharsimi Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Suhendro, Eko. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 5, No. 3 (2020): 133–140.

Sukarni. “Strategi Aktualisasi Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Berbasis Masyarakat Di Smalb Negeri Ungaran.” Universitas Muhammadiyah Surakarta (2020).

Syahmuntaqy, Much. “Manajemen Evaluasi Program Pengembangan Profesionalitas Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Bandung Barat Pada Masa Pandemi Covid-19.” Phd Thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.

Trisnadewi, Komang, And Ni Made Muliani. “Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Covid-19: Perspektif Pendidikan (2020): 35.

Umam, Khotibul. “Membangun Ketahanan Sosial Keluarga Dalam Keberagaman.” Welfare : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial 9, no. 1 (June 29, 2020): 19–33. http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/welfare.

Utami, Adristinindya Citra Nur, And Santoso Tri Raharjo. “Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja.” Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial 2, No. 1 (2019): 150–167.

Vina Kusuma Sari. “Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Aktualisasi Diri Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar.” Jurnal Psikovidya Volume 17 Nomor 1 (April 2013).

Waryono Abdul Ghafur. Kesejahteraan Sosial Dalam Al-Qur’an Konsep Dan Paradigma. Yogyakarta: Dakwah Press, 2014.

Winarti, Agus. “Implementasi Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” Jp3m: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat 2, No. 2 (2020): 131–145.

Winda Oktavia, Dkk. “Self-Actualization In 21 St Century Through Lift-The-Flap Stroy Book Based On Child Friendly” Advances In Social Science, Education And Humanities Research Volume 26 (2018).

Wiresti, Ririn Dwi. “Analisis Dampak Work From Home Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, No. 1 (2020): 641653.

Yanti, Dwi, Nidn Irwanto, And Nidn Arief Wibowo. “Pengaruh Kadar Hb Terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Kelas Ii-Vi Di Sdn Sonoageng 6 Prambon Nganjuk.” The Indonesian Journal Of Public Health 12, No. 1 (2017): 97–105.

Yulianingsih, Wiwin, Suhanadji Suhanadji, Rivo Nugroho, And Mustakim Mustakim. “Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, No. 2 (2020): 1138–1150.

Yusuf, Rusli, Ruslan Ruslan, And Ati Winarni. “Hubungan Antara Kasih Sayang Dan Perhatian Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Yang Tinggal Di Pani Asuhan Putri Al-Kazem Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 3, No. 2 (2018): 192–195.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 WELFARE : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial