Pemberdayaan Umkm Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Di Desa Dangdeur

Authors

  • Defi Insani Saibil State Islamic University of Sunan Kalijaga
  • Maulana Izzul Haq UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/jiecem.2022.3.2.1866

Keywords:

UMKM, Covid-19, Entrepreneurship, Management, Marketing

Abstract

UMKM adalah usaha produktif milik orang perorang dan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro. Adanya pandemi Covid-19 membuat sektor perekonomian menurun, hal tersebut juga dirasakan oleh sektor pariwisata dan perdagangan industri usaha mikro kecil menengah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan pada pelaku UMKM agar usaha yang dijalankan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Pemberdayaan dan pengembangan UMKM ini dilakukan dengan pendataan, melakukan survey, dan melakukan kerjasama dengan DKUPP Purwakarta. Sosialisasi ini membahas mengenai manajemen uang, persyaratan dan izin penjualan, labelling halal, pembuatan NIB, serta inovasi produk dan teknik pemasaran. Program sosialisasi pemberdayaan UMKM ini cukup dapat membantu pelaku UMKM di Desa Dangdeur untuk meningkatkan branding produk dan memperluas target pemasaran.

Kata kunci: UMKM, Covid-19, Kewirausahaan, Manajemen, Pemasaran

Downloads

Abstract viewed: 163 times | PDF downloaded = 26 times

References

Fadilah, A. S. A., Nur, A. R. A., Nurmaulida, A., Sofa, M. D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Melalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Potensi Internal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 892–896.

Fidela, A., Pratama, A., & Nursyamsiah, T. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2, 493–498.

Hardilawati, W. L. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Akuntasi dan Ekonomika, 10(1), 89-98.

Kusumaningrum, Dwi, 2020. “Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus Pada Toko Batik Benang Raja Semarang)”. Semarang: Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.

Maros, F. (2016). Penelitian Lapangan (Field Research) Pada Metode Kualitatif. Academia Accelerating The World’s Research.

Muryani, Dwi, 2012. “Analisis Sikap Konsumen Terhadap Kualitas Layanan Di Somay Kuah Segar. Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Nur, H., Novi, P., & Lilik, F. (2015). Akad Murabahah Serta Pengelolaan Risiko Akad Murabahah Pada BMT-UGT Sidogiri Cabang Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akutansi, 2(1), 1–5.

Prastiani, I., & S. Subekti. (2019). Digitalisasi Manuskrip Sebagai Upaya Pelestarian dan Penyelamatan Informasi (Studi Kasus pada Museum Radya Pustaka Surakarta). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 141-150.

Padilah, A. R., Khofifah, A. N., & ... (2021). Strategi Pengembangan Umkm melalui Digitalisasi Promosi Produk di Desa Melati Wangi Rw. 08 Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Proceedings ..., November.

Rahmadani, S. (2021). Analisis Strategi Pengembangan UMKM dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Padang Brahrang Kec.Selesai Kab.Langkat (Studi Kasus Pada Home Industri Krupuk & Keripik). Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 115–129. https://doi.org/10.56114/maslahah.v2i3.160

Sulaeman, M. M. (2020). Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(01), 16. https://doi.org/10.30736/jab.v2i01.34

Yuda, I. (2019). Aplikasi E-Commerce Untuk Pemasaran Kerajinan Tangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Riau Menggunakan Teknik Dropshipping. Jurnal Ilmiah Core It, 7(1).

Downloads

Published

2023-05-18

Issue

Section

Articles