Corporate Social Responsibility as a Moderator of Factors Influencing The Value of Mining Companies Listed in ISSI for The 2018-2022 Period

Authors

  • Nada Tauhida Zaharani Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Zulkipli Lessy Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/bie.2024.032-01

Keywords:

Liquidity, Profitability, Leverage, Firm Value, Corporate Social Responsibility

Abstract

This study aims to examine the influence of liquidity, profitability, and leverage on firm value, and to test whether corporate social responsibility (CSR) can moderate these three variables. Liquidity, profitability, leverage, and CSR disclosure are factors that serve as the basis for investors in considering investments in a company. Firm value reflects the welfare of the company’s shareholders. The population in this study consists of 47 mining sector companies listed on ISSI from 2018 to 2022. Using purposive sampling, a sample of 10 companies meeting the criteria was selected. Data analysis was conducted with the aid of E-Views software. Based on the results of data analysis and hypothesis testing, it can be concluded that the liquidity variable (Current Ratio) has a positive effect on firm value (Tobin's Q), and CSR can moderate the effect of liquidity (Current Ratio) on firm value. Meanwhile, other variables, such as profitability (Return On Asset), leverage (Debt to Equity Ratio), profitability moderated by CSR, and leverage moderated by CSR, do not affect firm value (Tobin's Q).

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed: 218 times | PDF downloaded = 143 times

References

Agustin Ekadjaja, L. S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 3(1), 92. https://doi.org/10.24912/jpa.v3i1.11409.

Andreas, N. Y., Fauzi, A., & Sumiati, A. (2023). Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Alamat Institusi Jl. Rawamangun Muka.

Ardian, V., & Wahyudi, I. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Aktiva Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility. Jurnal Mahasiswa, 5(1), 212–236.

Basuki, A. T. (2021). Analisis Data Panel Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. PT Rajagrafindo Persada.

Caraka, R. E. (2017). Pengantar Spasial Data Panel. Team WADE Publish.

Cheng, M. dan Christiawan, Y. J. (2011). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Abnormal Return. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan., 13(2), 24–36.

Chumaidah, & Priyadi, M. P. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(3), 1–20.

Darmawan. (2020). Dasar-Dasar Memahami Rasio dan Laporan Keuangan. UNY Press.

Dewi, N. M. L., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage pada Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 28(1).

Dharma, S., Jadmiko, P., & Azliyanti, E. (2020). Aplikasi SPSS dalam Analisis Multivariates. LPPM Universitas Bung Hatta.

Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational Legitimacy: Social Values And Organizational Behavior. Pacific Sociological Journal Review, 18(1), 122–136.

G, M. D. P. D., & Sapari. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan yang dimoderasi Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 12(3).

Hamidy, R. D. (2015). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4(10), 665–682.

Hardian, A. P., & Asyik, N. F. (2019). Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan, CSR sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(9).

Husnan, S. dan E. P. (2018). Manajemen Keuangan – Teori dan Penerapan (2nd ed.). BPFE.

Janra, D. M. (2015). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2013). Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. RajaGrafindo Persada.

Keown, A. J., Martin, J. D., Petty, J. W., & Scoot, D. F. J. (2010). Manajemen Keuangan : Prinsip dan Penerapan Jilid 2 (10th ed.). Indeks.

Kolamban, D. V, Murni, S., & Baramuli, D. N. (2020). Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(3), 174–183.

Lestari, E. S., Rinofah, R., & Maulida, A. (2022). Pengaruh profitabilitas, leverage, kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan csr sebagai variabel moderating. Forum Ekonomi, 24(1), 30–44. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10390.

Lukman Suryadi, A. T. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(1), 108. https://doi.org/10.24912/jpa.v2i1.7138.

Mardianti, D. A., & Riduwan, A. (2021). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dewan Komisaris, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi.

Mipo, M. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Moderating Variable Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Owner, 6(1), 736–745. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.614.

Nadhifah, H., & Mildawati, T. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(3), 1–17.

Ningrum, U. N., & Asandimitra, N. (2017). Pengaruh Kinerja Keuangan, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan GCG dan CSR Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Peringkat Pertama Ara, Isra dan Peringkat Emas Proper Yang Listing di BEI Periode 2011-2015. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 1–14.

Nurhayati, I., Poerwati, T., & Kartika, A. (2019). Dampak Moderasi Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengaruh CSR Pada Nilai Perusahaan di Indonesia. Prosiding SENDI_U, 7(1), 978–979.

Nuswandari, C., Sunarto, S., Jannah, A., & Ikromudin, I. (2019). Corporate Social Responsibility Moderated the Effect of Liquidity and Profitability on the Firm Value. 86(Icobame 2018), 87–90. https://doi.org/10.2991/icobame-18.2019.19.

Oktaviarni, F., Murni, Y., & Suprayitno, B. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen, dan Ukuran terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 9(1), 1–16.

Rachman, M. R. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, Volume 11(Nomor 1).

Rahma, A. N., & Munfaqiroh, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Dirgantara, Vol. 14(No. 2).

Raningsih, N. K., & Artini, L. G. S. (2018). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(8), 1997–2026.

Rudangga, I. G. N. G. & S. G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5.

Sari, P. Y., & Priantinah, D. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan pada Bank yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2015. Jurnal Nominal, 7(1).

Setianingrum, W. A. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI.

Sheila, R. M., & Djawoto. (2019). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Foods and Beverages. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(2), 1–19.

Sopian, A., Mulya, H., & Mulya, H. (2018). The Impact of Corporate Social Responsibility Disclosure on Firm Value. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM), 6(11), 813–823. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i11.em01.

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355–374.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Sukarya, I. P., & Baskara, I. G. K. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Food and Beverages. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(1), 439. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i01.p16.

Wibisono, D. (2007). Manajemen Kinerja Konsep, Desain, dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan (1st ed.). Erlangga.

Wulandari, C., & Efendi, D. (2021). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 1(2), 128–135.

Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility Dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 1278–1311.

Yanto. (2018). Effect of Corporate Social Responsibility and Good Corporate Governance on the Value of Company with Profitability as Moderating Variables. JAAF (Journal of Applied Accounting and Finance), 2(1).

Yuliyanti, L., Waspada, I., Sari, M., & Nugraha, N. (2022). The Effect of Liquidity, Leverage, and Profitability on Firm Value with Firm Size as Moderating Variable. Proceedings of the 6th Global Conference on Business, Management, and Entrepreneurship (GCBME 2021), 657(Gcbme 2021), 88–92. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220701.019.

Yuniati, T., Prasetyo, E. T., & Husada, C. (2021). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Jasa di Indonesia).

Downloads

Published

2024-12-26

Issue

Section

Articles