FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT MENINGKATNYA KEMAMPUAN PUBLIKASI DI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Authors

  • Very Julianto UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i2.1525

Keywords:

Publication, Technology, Writing

Abstract

Lecturers and students are the main actors in higher education who are tasked with implementing the Tri Dharma of Higher Education namely education / teaching, research, and community service (Law No. 12 of 2012, Article 1 Paragraph 9). The fact that is happening now, lecturers and students are still having difficulties in implementing the Tri Dharma, especially in research. One proof that shows the low publication in Indonesia is the Scimago Journal and Country Rank (2015) data which placed Indonesia in the 49th place in the world and 11th in Asia in 2015. Therefore, this study aims to determine what factors include the limited costs become an obstacle in improving the publication capacity of the Psychology study program at Sunan Kalijaga State Islamic University in Yogyakarta. The researcher used a qualitative method namely semi-structured interviews. The subjects of this study were 20 people consisting of lecturers and Psychology students at Sunan Kalijaga State Islamic University. The results of this study indicate that there are many obstacles and obstacles in publicizing the psychology study program of Sunan Kalijaga State Islamic University. These constraints lead to the lack of understanding of the research subject to the use of technology for publication.  

Dosen dan mahasiswa merupakan pelaku utama di perguruantinggi yang bertugas melaksanakan  Tri Dharma Perguruan Tinggi  yaitu pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9). Kenyataan yang terjadi saat ini, dosen dan mahasiswa masih kesulitan dalam melaksanakan tri dharma tersebut, terutama pada penelitian. Salah satu bukti yang menunjukkan rendahnya publikasi di Indonesia adalah data Scimago Journal and Country Rank (2015) yang menempatkan Indonesia pada peringkat 49 di dunia dan 11 di Asia pada tahun 2015. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa selaian keterbatasan biaya yang menjadi penghambat dalam meningkatkan kemampuan publikasi di prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Peneliti menggunakan metode kualitatif yakni dengan wawancara semi terstruktur. Subjek penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Psikologi UIN Sunan Kalijaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada banyakkendala dan hambatan dalam melakukan publikasi di prodi psikologi UIN Sunan Kalijaga. Kendala tersebut bermuara dari ketidakpahaman subjek penelitian terhadap pemanfaatan teknologi untuk melakukan publikasi.  

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Very Julianto, UIN Sunan Kalijaga
    Google Profile: Very Julianto

References

Alwiyah, Tahir, I. M., & Sayyida. (2016). Persepsi Dosen Terhadap Penelitian. Lanskap Demografi di Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) (p. 258). Sumenep: Universitas Wiraraja Sumenep.

Bakkalbasi, N., Bauer, K., Glover, J., & Wang, L. (2006). Three Options for citation tracking: Google Scholar, Scopus and Web of Science. Biomedical Digital Libraries, 1-8.

Darmalaksana, W. (2017). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Publikasi Ilmiah Tahun 2017. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Sunan Gunung Djati.

Darmalaksana, W. (2017). Panduan Publikasi Ilmiah: Perangkat Aplikasi, Standar Penulisan dan Etika Kepengarangan. Jurnal Riset dan Inovasi, 24-42.

Eniyati, S., & Santi, R. N. (2010). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Prestasi Dosen Berdasarkan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, 136.

Gilliam, L., Marinuzzi, J., & P, I. (2010). Turnitoff-Defeating Plagiarism Detection System. 11th Higher Education Academy-ICS Annual Conference (pp. 1-5). Durham: University of Surrey Guildford.

Huri, D. (2014). Penguasaan Kosakata Kedwibahasaan antara Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia pada Anak-anak (Sebuah Analisis Deskriptif-Komparatif). Jurnal Pendidikan Unsika, 59-77.

Jones, P. (2003). Pengantar Teori-teori Sosial dari Teori Fungsionalisme hingga Post-Modernisme. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Jumiati, Sari, M., & Akmalia, D. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbereds Heads Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar. Lectura, 161-185.

Kamaroesid, H. (2009). Menulis Karya Ilmiah untuk Jabatan Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Makin, A. (2018). Bisakah Menjadi Ilmuwan di Indonesia ? Keilmuan, Birokrasi dan Globalisasi. Yogyakarta: Digilib UIN Sunan Kalijaga.

Nasution, F. N. (2004). Penggunaan Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Perilaku (Behavioral Aspect). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Rolina, N. (2006). Keluarga: Sebagai Sumber Belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini (Suatu Tinjauan Menurut Teori Sosial Kognitif Bandura). Majalah Ilmiah Pembelajaran, 207-216.

Rufaidah, V. W. (2008). Kolaborasi dan Graf Komunikasi Artikel Ilmiah Peneliti Bidang Pertanian. Jurnal Perpustakaan Pertanian , 10-21.

Rufaidah, V. W. (2010). Produktivitas Publikasi Peneliti Badan Litbang Pertanian. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 1-8.

Simaremare, Y. P., Wibowo, R. P., & Pribadi, A. (2013). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah Berbasis Online pada Jurnal SISFO. Jurnal Teknik Pomits, 470.

Sufianti, E., Sawitri, D., Pribadi, K. N., & Firman, T. (2014). Proses Kolaboratif dalam Perencanaan Berbasis Komunikasi pada Masyarakat Nonkolaboratif. Mimbar 29 (2), 133-144.

Surtikanti, R. (2004). Kajian Kolaborasi Interdisipliner Peneliti di Indonesia. Depok: Universitas Indonesia.

Zaugg, H., West, R. E., Tateishi, I., & Randall, D. L. (2011). Mendeley: Creating Communities of Scholarly Inquiry Through Research Collaboration. TECHTRENDS TECH TRENDS, 32-36

Downloads

Published

2019-01-20

How to Cite

FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT MENINGKATNYA KEMAMPUAN PUBLIKASI DI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. (2019). Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 131-140. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i2.1525