SOSIALISASI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DI PERGURUAN TINGGI ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.14421/jpsi.v7i2.1844Keywords:
ewirausahaan Sosial, Keinginan Berprestasi, Pemuda, Perguruan Tinggi IslamAbstract
Abstrak
Kewirausahan sosial di era 4.0 merupakan hal yang penting karena bertujuan bukan saja pada ekonomi tetapi juga ada nilai sosial yang dipertahankan. Untuk mencapai dua nilai tersebut, maka diperlukan media untuk mensosialisasikannya. Perguruan Tinggi menjadi relevan dalam hal ini, karena perguruan tinggi mencetak lulusan sarjana tiap tahunnya. Tulisan ini bertujuan menggambarkan aktivitas sosialisasi kewirausahaan di salah satu Perguruan Tinggi sebagi upaya merespons kewirausahan sosial melalui pendidikan. Dengan menggunakan literatur dan pengalaman empirik tulisan menghasilkan kesimpulan bahwa menjadi wirausaha adalah implementasi tujuan dari Perguruan Tinggi Islam. Karena itu, melalui pendidikan kewirausahan mahasiswa disosialisasikan teori kewirausahaan dan praktik kewirausahan melalui program ekspose kewirausahan. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan program tersebut dengan mengacu pada sifat-sifat Nabi Muhammmad SAW seperti shidiq, amanah, fathonah, dan tabliq agar terbangun kerjasama antar civitas akademika dan mitra. Karena itu, Perguruan Tinggi Islam, sekalipun disiplin ilmu murni sangat relevan mencetak wirausahan sosial sesuai dengan tuntutan agama Islam.
Kata kunci: Kewirausahaan Sosial, Keinginan Berprestasi, Pemuda, Perguruan Tinggi Islam.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Antal, N., B. Kingma., D. Moore and D. Streeter. (2014). University Wid Entrepreneurship Education. UK: Emerald Group Publishing Limited.
Bush. C.G. (2014). Exploring the Consept of an Entrepeneurship Education Ecosystem. UK: Emerald Group Publishing Limited.
Guerrero, M., D. Vibano and E. Gajon. (2014). Internal Pathways That Condition University Enterpreunership in Latin America: An Institutional Approch. UK: Emerald Group Publishing Limited.
Hasni, 2018. Urgensi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menghasilkan Wirausahawan Muda Dari Perguruan Tinggi. Ekspose 17 (2): 653-664.
Hulgard. L. (2010). Discourses of Social Entrepreneurship-Variation of The Same Theme? EMES European Research Network.
Hibbert, Hogg, and Quinn. (2005). Social entrepreneurship:Understanding consumer motivesfor buying The Big Issue. Journal of Consumer Behaviour, 4 (3). pp.159-172.
Kopong, K. (2017). Enterpreneurship di Perguruan Tinggi dan Revolusi Mental Civitas Akademika. Atma Reksa Jurnal Pastoral dan Kateketik, 2(1):1-12.
Korten, David C,. (1984). People Centered Development. West Harford: Kumarian Press.
Mason, J. and A.C.O. Ciqueira. (2014). Addressing The Challenges of Future Entrepreneurship Education: An Assessment of Text books For Teaching Enterpreneurship: UK.
McClelland, DC, (1961). The Achieving Society. Oxford, England : Princenton Van Nostrand.
Muniri, A.S. (2016). Pengembangan Kewirausahaan Sosial Bagi Pemuda Muslim Pengangguran Dari Ruang Kelas. Proceedings Of The International Conference On University-Community Engagement Surabaya – Indonesia. http://digilib.uinsby.ac.id/7424/3/Halaman%20balik%20judul.pdf
Palesangi, M. (2012). Pemuda Indonesia dan Kewirausahaan. Proding Semas Competitif Adventage. http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/198.
Pauna, D. and Frank, E.J. (2017). Entrepreneurship Education: A Look At Two Universities. Global Journal of Entrepreneurship. 1(1): 80-100.
Soenarjo, (1989). Al-Quran dan Terjemahannya. Diterjemahkan oleh Yayasan Penterjemah Al-Quran, Kementerian Agama RI. Bandung: Gema Risalah Press.
Susilaningsih. (1995). Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi?. Prosiding Seminar Nasional. https://eprints.uny.ac.id/21993/1/75%20Susilaningsih.pdf.
Utomo, H. (2014). Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial. Among Makarti, 7 (4): 1-16.
Wong, P.K. Ho, Y.P., & Sigh, A.A. (2007). Towards an”Enterpreneurial University” Model to Support Knowledge Based Economic Developmment: The Case of the National University of Singapore. World Development, 35 (6): 941-958.
Zubaedi. (2018). “Urgensi Pendidikan Kewirausahaan Di Kalangan Mahasiswa PTKI”. Ekspose, 17(2): 652-664.
Sumber lain:
Berita Ekonomi, 2019. http://rri.co.id/post/berita/651422/ekonomi/jumlah_wirausaha_di_indonesia_tembus_8_juta_jiwa.html.
Kemenfo. Peluang menjadi Pengusaha di Era digital. https://kominfo.go.id/content/detail/9503/peluang-besar-jadi-pengusaha-di-era-digital/0/berita
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).