KARAKTER DISIPLIN SISWA DITINJAU DARI PERSEPSI KETAHANAN KELUARGA DAN KUALITAS KEHIDUPAN SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.14421/jpsi.v9i1.2165Keywords:
, Karakter disiplin, ketahanan keluarga, kualitas kehidupan sekolahAbstract
Discipline character is very crucial to be developed since an early age. Children who have a disciplined character will be able to learn and to develop admirable behavior that is accepted by society and members of social groups. This study examined whether family resilience and the quality of school life has a correlation with the character of discipline. The hypotheses were (1) there is a positive correlation between the quality of school life and family resilience with the disciplinary character of students (2) there is a positive correlation between the quality of school life and the character of student discipline and (3) there is a positive correlation between family resilience and the character of student discipline. This research was conducted by giving three scales to 220 junior high school students. The result analysis showed that the hypotheses were accepted. There was a positive and significance correlation between family resilience and the quality of school life with the disciplinary character of students.
Keywords: discipline character; family strengths; quality school of life
Karakter disiplin sangat penting dikembangkan sejak dini. Hal ini dikarenakan anak yang memiliki karakter disiplin mampu belajar berperilaku yang diterima oleh masyarakat dan anggota kelompok sosial. Penelitian ini ingin menguji apakah karakter disiplin dipengaruhi oleh ketahanan keluarga dan kualitas kehidupan sekolah. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan positif kualitas kehidupan sekolah dan ketahanan keluarga dengan karakter disiplin siswa (2) terdapat hubungan positif kualitas kehidupan sekolah dan karakter disiplin siswa dan (3) terdapat hubungan positif ketahanan keluarga dan karakter disiplin siswa. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tiga skala kepada 220 siswa Sekolah Menengah Pertama. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara ketahanan keluarga dan kualitas kehidupan sekolah dengan kualitas kehidupan sekolah.
Kata kunci : Karakter disiplin, ketahanan keluarga, kualitas kehidupan sekolah
Downloads
References
Afiati, N. (2018). Kualitas Kehidupan Sekolah dan Disiplin pada
Santri Asrama Pondok Pesantren. InSight: Jurnal Ilmiah Psikologi. 20(1), 15-28.
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam: Jurnal Al Ulum, 13(1), 25- 38.
Chiu, M. M., & Chow, Y. W. B. (2011). Classroom discipline across forty- one countries: School, economic, and cultural differences. Journal of Cross-Cultural Psychology, 42, 526-533.
Curelani, M., Iacob, I., & Abalasei, B. (2009). School bullying: Definition, characteristics, and intervention strategies. Revista de Cercetare si Interventie Sociala, 26, 7-29.
Damayanti, S. P., Desiningrum, D. R. (2014). Hubungan Antara Quality Of School Life dengan Emotional Well Being pada siswa madrasah Semarang. Empati, 3(4), 603-609.
DeFrain, J., & Asay, S. M. (2007). Strong families around the world: An introduction to the family strengths perspective. Marriage & Family Review, 41(1-2), 1-10.
Desmita, D. (2013). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Diana, R. R, Chirzin, M., & Bashori, K. (2019). Character Problem of Elementary Students and Parental Engagment in Schools. Advences in Social Science Education and Humanities Research, 339, 201-204.
Dupper, D. R. (2010). A new model of school discipline : Engaging students and preventing behavior problems. New York: Oxford University Press
Febriani, N., Widodo, P.B., Kristiana, I. K. (2013). Hubungan Antara Kualitas Kehidupan Sekolah dengan Kedisiplinan Siswa Kelas Berpindah Pada Kelas XII SMAN 3 Semarang, Jurnal Psikologi Undip, 12(2), 152-163.
Hasibuan, W. F., & Rahadita, D. (2017). Faktor penyebab pelanggaran disiplin sekolah pada siswa kelas XII di SMA ‘X’ batam. Jurnal Cahaya Pendidikan, 199- 132.
Hurlock, E. B. (2005). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran keluarga dalam membangun karakter anak. Jurnal Psikologi, 10(2), 144-152.
Isnani, S. (2019). Implementasi Program Polisi Sekolah Sebagai Best Practice Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan, 04(01), 33-42.
Isnawati, N. (2010). Guru positif-motivatif. Yogyakarta: Penerbit Laksana.
Katz, B., & Shah, P. (2017). The role of child socioeconomic status in cognitive training outcomes. Journal of Applied Developmental Psychology, 53, 139-150.
Johnson, W. L., & Johnson, A. M. (1993). Validity of the quality school of life scale: A primary and second-order factor analysis. Educational and Psychological Measurement, 53, 145- 153.
Lickona, T. (2012). Educating for character. Terjemahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Marzuki. (2013). Prinsip Dasar Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Seminar Lintas Agama dengan Tema Pendidikan Karakter Dipandang dari Berbagai Perspektif Agama”. Yogyakarta: 2 Juni 2013. 1-15.
Nugroho, A. J. (2019). Quality School Of Life dan Self-Discipline Siswa Akselerasi. Skripsi. Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.
Nurhidayah, S. (2013). Ketahanan Keluarga, Pengasuhan, dan Intervensi Psikososial, serta Pengaruhnya terhadap
Perkembangan Psikososial Remaja pada Keluarga Miskin di Kota Bekasi. Tesis. Bogor: Sekolah Pasca Sarjana IPB.
Puspitasari, Reti., Hastuti, D., & Herawati, T. (2015). Pengaruh Pola Asuh Disiplin dan Pola Asuh Spiritual Ibu terhadap Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2)
Puspitawati, H. (2013). Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga. Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia IPB. Bogor.
Rasalwati, U.H,. (2012). Ekologi Pengasuhan Anak: Persepsi Remaja terhadap Gaya Pengasuhan, Paparan Media, dan Perkembangan Psikososial Remaja di Kota Bandung. Disertasi. Bogor: Sekolah Pasca Sarjana IPB.
Santoso & Tjiptono. (2001). Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Santrock, J. W. (2003). Adolesence Perkembangan Remaja. Alih Bahasa: Shinto B. Adelar, Sherlysaragih. Jakarta: Erlangga.
Sabarua, J.O., Mornene, I. (2020). Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. International Journal of Elementary Education, 4(1).
Sembiring, S. P. R. (2017). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Karakter Disiplin pada Siswa SMP. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga: Yogyakarta.
Smith, A. B. (2004). How Do Infants and Toddlers Learn The Rules? Family Discipline and Young Children. International Journal of Early Childhood, 36(2), 21-41.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarti, E. (2001). Studi ketahanan keluarga dan ukurannya: telaah kasus pengaruhnya terhadap kualitas kehamilan Disertasi. Institut Pertanian Bogor, Bogor, Indonesia.
Sundayana, R. (2010). Pengaruh Harga diri dan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) terhadap Mutu Kehidupan Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Tesis. Fakultas Ilmus Sosial dan Ilmu Politik. Program Studi Ilmu Administrasi Kekhususan Administrasi dan Kebijakan Pendidikan. Depok.
Suseno, M.N. (2012). Statistika: Teori Dan Aplikasi Untuk Penelitian Ilmu Sosial Dan Humaniora. Yogyakarta: Ash-Shaff.
Sutrisno, H. (2009). Kasus perilaku pelanggaran disiplin siswa di sekolah ditinjau dari kerangka teori sosiologi fungsionalisme. Jurnal Pendidikan Inovatif, 4(2), 60-66.
Trianingsih, R., Inayati, I. N., & Faishol, R. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Moral Dan Psikososial Siswa Kelas V SDN 1 Sumberbaru Banyuwangi. Jurnal Pena Karakter (Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter), 2(1), 9-16.
Unaradjan, D. (2003). Manajemen Disiplin. Jakarta : Grasindo.
UNDP. 2000. Human Development Report 2000: Human Rights and Human Development.http://www.hdr.undp.org/en/content/human-development-report-2000.
Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2018). Kekerasan Terhadap Anak, Penanaman Disiplin dan Regulasi Emosi Orang Tua: Varia Pendidikan. 30(1). 21-26.
Widowati, U. (2018). Pengelolaan Program Sekolah Ramah Anak Di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Artikel Jurnal. Program Studi Manajemen Pendidikan. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).