Hubungan Antara Regulasi Diri dan Pembelian Impulsif Terhadap Produk Skincare Pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.14421/hum.v1i2.2535Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dan pembelian impulsif terhadap produk skincare pada mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling berupa accidental sampling. Terdapat 137 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telibat dalam penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan skala regulasi diri yang memiliki koefisien alpha sebesar 0,889 dan skala pembelian impulsif dengan koefisien alpha sebesar 0,835. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dan pembelian impulsif terhadap produk skimcare pada mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,001 (p<0,05) dan nilai koefisien R2 sebesar 0,11.
Kata Kunci : Regulasi Diri, Pembelian Impulsif, Produk Skincare, Mahasiswa.References
Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press.
Andayani, D. P. (2021, September 22). Hubungan Antara Impulsive Buying Dengan Perilaku Berhutang Pada Masa Pandemi Covid-19. Retrieved Februari 7, 2022, from Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/79021
Azwar, S. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Choi, Y. H., Kim, S. E., & Lee, K. H. (2022). Changes in consumers’ awareness and interest in cosmetic products during the pandemic. Fashion and Textiles, 1-19.
Dianawanti, V. (2021, March 19). Survei Sebut Pria Lebih Rajin Pakai Skincare di Masa Pandemi COVID-19. Retrieved January 19, 2022, from fimela.com: https://www.fimela.com/beauty/read/4501558/survei-sebut-pria-lebih-rajin-pakai-skincare-di-masa-pandemi-covid-19
Feist, J., Feist, G. J., & Roberts, T. A. (2018). Teori Kepribadian Edisi 8 Buku 2. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.
Firhan, R., & Nio, S. R. (2021). Hubungan Regulasi Diri dengan Pembelian Impulsif Remaja Putri Bukittinggi terhadap Produk Pakaian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3737-3743.
Gawi, R. M., & Rinaldi. (2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Pembelian Impulsif Pada Produk Fashion. Jurnal Riset Psikologi, 1-12.
Herdiyanti, N., & Titus, A. (2013). RESEARCH ON MARKET TRENDS AND CONSUMER BEHAVIOR IN MALE GROOMING PRODUCTS (ESPECIALLY FACE CLEANSER CATEGORY) IN INDONESIA. Journal of Business Administration, 663-671.
Hurlock, E. B. (1996). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Khairunnisa, A. F., Priyatama, A. N., & Astriana, S. (2021). Impulsive Buying pada fans K-Pop di Twitter. Jurnal Psikohumanika, 1-9.
Ma, Y., & Kwon, K. H. (2021). Changes in purchasing patterns in the beauty market due to Post–COVID-19: Literature review. Journal of Cosmetic Dermatology, 3074-3079.
Miranda, Y. C. (2016). Kajian Terhadap Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying dalam Online Shopping. Journal of Management Studies, 63-76.
Nabilah, A. P., Fitri, K. N., Primastuti, R. K., Khoirunnisaa, R. T., Anju, & Ernawati. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Populika, 13-22.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pathak, C., & Deshmukh, R. (2022, Juni). Indonesia Skin Care Products market by Type. Retrieved Juli 21, 2022, from Allied Market Research: https://www.alliedmarketresearch.com/indonesia-skin-care-products-market-A06724
Pisani, L. (2017, Agustus 24). Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Kecenderungan Pembelian Impulsif pada Remaja Akhir Terhadap Produk Barang. Retrieved Januari 31, 2022, from Skripsi Universitas Sanata Dhama Yogyakarta: http://repository.usd.ac.id/12308/1/109114047.pdf
Pradipto, Y. D., Winata, C., Murti, K., & Azizah, A. (2016). Think Again Before You Buy: The relationship between selfregulation and impulsive buying behaviors among Jakarta young adults. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 177-185.
Prihambodo, C. Z., Anwar, Z., & Andriany, D. (2020). Peran Regulasi Diri Terhadap Perilaku Cyberbullying. Journal Psycho Holistic, 108-117.
Putri, D. S., & Kaloeti, D. V. (2020). Hubungan Antara Kesejahteraan Psikologis dengan Kecenderungan Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 75-81.
Scieszko, E., Budny, E., Rotsztejn, H., & Polguj, A. E. (2021). How has the pandemic lockdown changed our daily facial skincare habits? Journal of Cosmetic Dermatology, 3722-3726.
Siregar, N. F., & Rini, Q. K. (2019). Regulasi Diri Dan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja Perempuan Yang Berbelanja Online. Jurnal Psikologi, 213-224.
Sullivan, G. M., & Feinn, R. (2012). Using Effect Size—or Why the P Value Is Not Enough. Journal of Graduate Medical Education, 279-282.
Surber, C., & Kottner, J. (2016). Skin care products: What do they promise, what do they deliver. Journal of Tissue Viability, 1-8.
Surveyandini, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Konsumen Karita Muslim Square Purwokerto. Journal of Economics and Business, 27-281.
Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual Differences in Impulse Buying Tendency: Feeling and no Thinking. European Journal of Personality, S71-S83.
Wardah, N. A., & Harti. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Berbeanja dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Avoskin di Shopee. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 121-132.