Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024

Authors

  • Noviatun Nisa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Dzulfikri Muhammad Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muthia Meilani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/hum.v2i1.2846

Abstract

Pada 14 Februari 2024, Indonesia akan menggelar pesta demokrasi, dimana pemilih dalam pemilu kali ini didominasi oleh rentang usia 17-39 tahun. Selain itu, rentang usia ini juga merupakan rentang usia dengan jumlah pengguna media sosial terbanyak, yang bisa dikatakan media sosial juga memiliki peran penting dalam pemilu 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah media sosial berperan signifikan dalam meningkatkan minat dan partisipasi pemilih pemula pada pemilu 2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, dan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

 

Kata Kunci : Pemilu, Pemilih Pemula, Media Sosial.

References

Ardiansyah, M. (2023). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 [Komunikasi pribadi].

Bandura, A. (1977). Social learning theory. ,. NJ: Prentice Hall.

DeFleur, M. L., Dennis, E. E., & Hanus, M. S. (1985). Understanding mass communication (2nd ed). Houghton Mifflin Co.

Gerbner, G. (1967). Mass Media and Human Communication Theory. Holt, Rinehart, & Winston.

Kaelan. (2002). Pendidikan Pancasila (Ed. 6). Paradigma.

Karlinah, S., Komala, L., Soemirat, B. S., & Rachman, A. S. (1999). Komunikasi Massa. UT.

Khalilurrahma, aufa. (2023). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 [Komunikasi pribadi].

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Pengertian Pemilu. (t.t.). Diambil 8 Juni 2023, dari https://kota-tangerang.kpu.go.id/page/read/37/pengertian-pemilu

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan penjualan melalui Social Media. Elex Media Komputindo.

Puspowangi, N. L. (2023). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 [Komunikasi pribadi].

Rakhmat, J. (2013). Psikologi komunikasie (T. Surjaman, Ed.; Cetakan keduapuluhsembilan, November 2013). Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Rizal, M. A. (2023). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 [Komunikasi pribadi].

Schramm, W. L. (Ed.). (1970). The Process and effects of mass communication. University of Illinois Press.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D) (Cet. 6). Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif (cet. 10). Alfabeta.

Surbakti, R. A. (1992). Memahami ilmu politik. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Zauqiy, D. M. (2023). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 [Komunikasi pribadi].

Downloads

Published

2023-07-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024. (2023). Jurnal Humanitaria Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 29-46. https://doi.org/10.14421/hum.v2i1.2846