Strategi Komunikasi Publik Dalam Membangun Pemahaman Mahasiswa Terhadap Penerapan PTNBH

Authors

  • Feliza Zubair Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
  • Retasari Dewi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
  • Ade Kadarisman Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.14421/pjk.v11i2.1328

Keywords:

PTN BH, Strategi, Komunikasi Publik, otonomi

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi publik yang dilakukan oleh Humas Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam membangun pemahaman mahasiswa IPB terhadap penerapan PTNBH. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Wawancara mendalam dilakukan kepada Kabid Humas IPB dan Ketua Bem IPB, observasi dan studi pustaka .Teori yang digunakan adalah Kontruksi Atas Realitas, teori Stakeholder, teori  Relationship Management dan konsep Komunikasi Publik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pihak IPB mengkonstruksi esensi dari PTNBH yaitu otonomi, keleluasaan dalam penyelenggaraan rumah tangganya untuk menghasilkan pendidikan yang bermutu, ke dalam program-program yang dapat mendukung kemajuan mahasiswa. IPB dapat membangun hubungan menejerial yang alamiah dengan mahasiswa. Penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi publik yang dilakukan lembaga dapat membentuk kesepahaman dalam upaya menjaga relasi yang saling menguntungkan antara pengelola atau menejemen IPB/PTNBH dengan mahasiswa. 

 

Kata kunci:  PTNBH, Strategi, Komunikasi publik, Otonomi

 The purpose of the research is to analyse the strategy of public communication implemented by Institut Pertanian Bogor (IPB) in developing comprehension of its students towards PTNBH implementation. Method used is qualitative with case study approach. Deep interview is done with Public Relations Head of IPB and Head of BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa or Students Executive Board). In addition, this research involves observation and literature study. Theories used in this research are social construct of reality, stakeholder theory, relationship management, and public communication. Result shows that IPB has constructed the PTNBHs essence of autonomy, freedom in managing its own administration of high quality education, programs in supporting students activities. IPB has the capabilities of developing a natural managerial connection with its students. The result also shows that public communication strategy implemented by institution would be able to create understanding and beneficial relationship between administrator/management of IPB and its students.

 Keywords: PTNBH, Strategy, Public communication, Autonomy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisarizki. 2015. “Peran Humas PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara Sebagai Proses Pemecahan Masalah.” Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Serang Raya.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa.

Denzin, N.K. dan Linkoln Y.S. 2009. Handbook of Qualitative Research (Edisi Bahasa Indonesia). Jogyakarta: Puataka Pelajar.

Effendi, Onong Uchjana. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha.

Herdiana, Dedi, and Khoiruddin. 2016. “Peran Dan Strategi Humas Dalam Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Islam.” ANIDA (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 15 (2): 317–38.

Https://news.detik.com/berita/3201835/ribuan-mahasiswa-ugm-masih-demo-hingga-sore-ini-polisi-berjaga-jaga. n.d. “No Titl.”

Https://siarpersma.id/2017/08/27/ptn-bh-perayaan-kemunduran-demokrasi/. n.d. “No Tit.”

Https://www.kompasiana.com/ratnapratiwi/perguruan-tinggi-negeri-badan-hukum-di-indonesia. n.d. “No.”

Ilmiati, Novi Rahma. 2016. “Peran PR Dalam Konstruksi Citra Perguruan Tinggi Muhammadiyah Di Yogyakarta.” Jurnal Ilmu Komunikasi 12 (12): 1–81.

Karman. n.d. Konstruksi Realitas Sosial, Sebagai Gerakan Pemikiran: Sebuah Telaah Teoretis Terhadap Konstruksi Dan Informatika. Volume 5 No 3 2015 Hal. 11-23.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori-Teori Public Reltions Perspektif Barat Dan Lokal. Jakarta: Media Grup Kencana Prenada.

Kuswarno, Engkus. 2013. Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi. Jakarta: Widya Padjajaran.

Maudia, Fasya, Hanny Hafiar, Anwar Sani, Fakultas Ilmu Komunikasi, and Universitas Padjajaran. 2018. “Kontruksi Makna Reputasi Digital Melalui Perspektif Penyiar Radio.” Profetik Jurnal Komunikasi 11 (01): 54–70.

Rini, Kurnia Setiyo, Sugeng Rusmiwari, Herru Prasetya Widodo, Program Studi, Ilmu Komunikasi, and Universitas Tribhuwana Tunggadewi. 2017. “Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Universitas Tribhuwana Tunggadewi.” JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik 6 (1): 34–37.

Yin, R.K. 2012. Studi Kasus Desain Dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2019-04-25

Issue

Section

Articles