THE COMMUNICATION CLIMATE OF AN ORGANIZATION IN ISLAMIC BOARDING SCHOOL FOUNDATION (A Case Study Of Department Of Infrastructures And Facilities In Wahid Hasyim Islamic Boarding School Foundation Yogyakarta)

Authors

  • Mohamad Hasan As'adi UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.14421/pjk.v13i1.1685

Keywords:

Organizational Communication, Communication Climate, Boarding School

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Iklim komunikasi organisasi di dalam Lembaga Sarana Prasarana di Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Iklim komunikasi organisasi yang baik sangat penting dalam sebuah organisasi. Dengan berjalannya iklim komunikasi organisasi kredibilitas dan kemajuan organisasi dapat tercapai. Iklim komunikasi di suatu organisasi berbeda dengan organisasi yang lainnya dari suasana atau atmosfer organisasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian mengungkap berbagai informasi kualitatif dengan deskripsi-analisis yang di teliti dan penuh makna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklim komunikasi organisasi yang ada di lembaga sarana prasarana adalah iklim sosial yang terbentuk saling mendukung meskipun dalam pelaksanaan komunikasi belum berjalan secara maksimal. Komunikasi yang kurang maksimal tersebut menyebabkan informasi yang penting tidak didapatkan oleh seluruh anggota kelompok akan tetapi hanya segelintir anggota. Dampak yang paling berpengaruh akibat komunikasi yang tidak sehat adalah beban organisasi hanya bertumpu pada segelintir orang dan timbulnya sikap acuh terhadap pekerjaan anggota organisasi. Perkembangan informasi yang dinamis setiap harinya seharusnya dapat di bagikan melalui media sosial. Beberapa faktor yang mempengaruhi buruknya komunikasi antara lain, kurangnya kepercayaan antar anggota organisasi, kurangnya tanggung jawab, dan perubahan informasi yang terlalu dinamis. Upaya yang dilakukan untuk memperbaiki komunikasi dalam organisasi ini adalah dengan memberikan kepercayaan, tanggung jawab, dan membagikan informasi dengan teratur.


Abstract. The research aims at finding the communication climate of an organization in the Department of Infrastructures and Facilities of Wahid Hasyim Islamic Boarding School Yogyakarta. A pleasant communication climate of an organization is significant. A communication climate of an organization that works well will help it to achieve credibility and development. Communication climate, atmosphere, and environment, in one organization, are different from another. The method used in this research is descriptive qualitative research. This research explains various qualitative data with a careful and meaningful description analysis. This research shows that organizations' communication climate in the Department of Infrastructures and Facilities is supported by social climate. Although in the case of communication, there is still room for improvement. Since the lack of communication, some information might not access by all of the group members. The lack of communication can result in uneven workloads and lack of member responsibilities. Dynamic information changes should share via social media. Some factors that can affect poor communication are lack of trust between members, lack of responsibilities, and information changes that are too dynamic. Researchers found that giving trust, being responsible, and regularly sharing information can improve communication.


Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani Saenal, Muh. Najib Husain, L. T. (2018). Iklim Komunikasi Organisasi Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Organizational Communication Climate in Regional Civil Service Agency of Southeast Sulawesi Province. 9(2), 27.

Arni Muhammad. (1995). Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara, 149-153.

Chicago: Sep 2007. Vol. 46, Iss. 3; pg. 304, 26 pgs. (2007). Journal Business and Society, 46(3), 304.

Deddy Mulyana. (2006). R. Wayne Pace & Don. F. Faules, Komunikasi Organisasi, Strategi meningkatkan Kinerja Perusahaan, Terjemahan. Remaja Rosdakarya, 63-67.

Hutagalung, I., & Ritonga, R. (2018). Pengaruh Iklim Komunikasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kecamatan XYZ Bekasi. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 204. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.16712

Krivonos, P. D. (1978). The Relationship of Intrinsic-Extrinsic Motivation and Communication Climate in Organizations. Journal of Business Communication, 15(4), 65. https://doi.org/10.1177/002194367801500405

Masmuh, A. (2008). Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktek. UMM Press, 124.

Muzyczka, K. C., Chapman, K., & McCarty, C. (2019). Culture In Interdependent Critical Infrastructure. 23(1), 14.

Nurlidia, R. F. (2018). The Influence Of Organization Communication Climate To Employee Performance At Regional Economic Development Division, Public Relations, And Public Communication Unit – Library Of Representative Office Bankindonesia West Java Province Kinerja Pegawai Divi. 8(1).

Pafford, S. (2018). Leading Organizational Systems. 22(2), 7.

Reneh Abokhoza, & Sherehan Hamdalla Mohamed. (2019). How

Advertising Reflects Culture and Values: A Qualitative Analysis Study. Journal of Content, Community and Communication, 10(9), 3. https://doi.org/10.31620/JCCC.12.19/12

Sitorus, L. N., Agung, I. G., Suryawati, A., Nyoman, N., & Pascarani, D. (t.t.). Iklim Komunikasi Organisasi Starbucks Bali Discovery Mall. 1–8.

Sutopo. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Jilid II. Universitas Sebelas Maret.

Tripathy, M. (2018). Role Of Creative Thinking As An Imperative Tool In Communication At Workplace. 22(2), 7.

Van Hulst, M., & Ybema, S. (2020). From What to Wear: A setting-sensitive approach to organizational storytelling. Organization Studies, 41(3), 391. https://doi.org/10.1177/0170840618815523

Wulani, F., & Lindawati, T. (2018). The Coworker’s Impression Management, Lmx, And Interpersonal Deviance: The Moderating Effect Of A Fellow Employee’s. 22(1), 14.

Zhu, Y.-Q., Gardner, D. G., & Chen, H.-G. (2018). Relationships Between Work Team Climate, Individual Motivation, and Creativity. Journal of Management, 44(5), 2115. https://doi.org/10.1177/0149206316638161

INTERVIEW

Ahmad Fahrudin. (2017). Iklim Komunikasi Organisasi: Kepercayaan Atasan Kepada bawahan (Yogyakarta) [Surat].

Imam Nawawi. (2017). Iklim Komunikasi Organisasi: Pengambilan keputusan bersama (Yogyakarta) [Surat].

Muhammad Muddangi. (2017). Iklim Komunikasi Organisasi: Kepercayaan Atasan Kepada bawahan. (Yogyakarta) [Surat].

Mustofa. (2017). Iklim Komunikasi Organisasi: Peningkatan SDM (Yogyakarta) [Surat].

Downloads

Published

2020-09-05

Issue

Section

Articles