ESTETIKA FASHION URBAN

Tri Aru Wiratno

Abstract


The beauty of a reality that exists in the history of human life, which becomes the beauty of a daily life of the urban masyakarat. The beauty is not merely in the form of modern art work that only gives a limit on the value of artwork. While the beauty of a day of society representation on a culture and tradition. That beauty is part of human life, which concerns something good. Not on the art form but also on the behavior of society. Because beautiful, good is good and true in a narrative in the life of society. But in contrast to the beauty of urban reality in which beauty is not a value but as a sign and that marks so beauty does not become a meaning and purpose of a work of art but an urban lifestyle. Urban fashion aesthetic with a phenomenon approach that develops in the life of urban society, today. That aesthetic fashion becomes part of urban society. As an illustration of the urban community that gives shape of fashion aesthetic.

Keindahan sebuah realitas yang ada dalam sejarah kehidupan manusia, dimana menjadi keindahan sebuah kehidupan sehari-hari dari masyakarat urban. Keindahan bukan melulu pada bentuk karya seni modern yang hanya memberikan batas pada nilai karya seni. Sedangkan keindahan sehari dari masyarakat representasi pada sebuah budaya dan tradisi. Bahwa keindahan itu adalah bagian dari hidup manusia, yang menyangkut sesuatu yang baik. Bukan pada bentuk karya seni tapi juga pada prilaku masyarkatnya. Karena indah, bagus itu baik dan benar dalam sebuah penuturan di dalam kehidupan masyarakat. Namun berbeda dengan keindahan realitas urban di mana keindahan bukan sebuah nilai tapi sebagai sebuah tanda dan yang menandai sehingga keindahan bukan menjadi sebuah makna dan tujuan dari sebuah karya seni tapi sebuah gaya hidup (fashion) urban. Estetika fashion Urban dengan pendekatan fenomena yang berkembang pada kehidupan masyarakat kota, saat ini. Bahwa estetika fashion menjadi bagian dari masyarakat urban. Sebagai gambaran dari masyarakat urban yang memberikan bentuk dari estetika fashion.

Keywords: Beauty, Culture, Fashion and Urban


Full Text:

PDF

References


Ahsoul, M Faiz, 2009. Galeri Urban, Narasi Kota Dalam Labirin Seni, Penerbit Ekspresi Buku, Yogyakarta.

Bourdieu, Pierre,2010, Arena Produksi Kultural, Sebuah Kajian Sosiologi Budaya, Penerbit Kreasi Wacana, Yogyakarta

Danesi, Marcel, 2010. Pesan, Tanda, dan Makna, Penerbit Jalasutra, Yogyakarta.

Marcia, Muelder Eaton,2010, Persoalan-persoalan Dasar Estetika, Penerbit Salemba Hamanika, Jakarta

Piliang, Yasraf Amir, 1998. Sebuah Dunia Yang Dilipat, Penerbit Mizan, Bandung

Sachari, Agus,2002. Estetika Makna,Simbol dan Daya, Penerbit ITB, Bandung

http://www.trhttp://iggiescraft.wordpress.com/2010/07/16/the-path-of-urban-art/avelpod.com/travel-photo/nomadland/4/1288063001/urban-art.jpg/tpod.html




DOI: https://doi.org/10.14421/jsr.v12i1.1327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                                                             Published By:

                                    Sociology Lab., Prodi Sosiologi, UIN Sunan Kalijaga

                                               

                                                         In Association with: