STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DPC PDI PERJUANGAN SURABAYA PADA PEMILU LEGISLATIF 2019
License
Authors who publish with JSR agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
How to Cite
Abstract
Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Surabaya is a local political partywhich succeeded in preserving its victory in the 2019 Legislative Election with the acquisition of 15 seats. This study aims to determine the political communication strategies used by the Indonesian Democratic Party of Struggle (PDIP) during the 2019 elections. This study uses a qualitative approach with employing in-depth interview and observationmethods. The data obtained were analyzed through an interactive analysis model including data reduction, data display, and drawing conclusions. This research founds the PDI Perjuangan political communication model is more based on the transactional model. This communication model illustrates the ongoing communication process between the sender of the message (party and candidates) and the recipient of the message (community). Of course, during the campaign there were obstacles or disturbances, one of which was money politics. As a consequence, the community should elects their candidates and parties during the 2019 Elections.
DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Surabaya merupakan politik lokal yang berhasil mempertahankan kemenangan di Pemilu Legislatif 2019 dengan perolehan 15 kursi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stategi komunikasi politik yang dipakai PDI Perjuangan selama Pemilu 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara mendalam. Data yang diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Temuan penelitian ini adalah model komunikasi politik PDI Perjuangan lebih pada model transaksional. Model komunikasi ini menggambarkan proses komunikasi yang berlangsung secara berkesinambungan antara pengirim pesan (partai dan caleg) serta penerima pesan (masyarakat). Kendala uatam selama kampanye yaitu politik uang, sebagai umpan balik (feedback), masyarakat memilih caleg dan partai tersebut saat Pemilu 2019.
Keywords:
Political Strategy, Political Communication, Legislative Elections, PDI PerjuanganReferences:
Adam, Rainer. (2010). Polical Markketing : Strategi Membangun Konstituen Dengan Pendekatan PR. Surakarta : Sebelas Maret University Press.
Alfian, Alfan. (2009). Menjadi Pemimpin Politik. Cetakan Kedua. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Bayhaqi, Ahda. Megawati: Saya Dibilang PKI, Kok Sampai Hari Ini Nggak Ditangkap?. Diakses dari https://www.liputan6.com/news/ read/3865124/
megawati-saya-dibilang-pki-kok-sampai-hari-ini-nggak-ditangkap.7 Januari 2019.
Budiardjo, Miriam. 2019. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Edisi Revisi. Cetakan 16. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Cangara, Hafied. 2018. Komunikasi Politik, Konsep, Teori dan Strategi. Cetakan keenam. Jakarta : RajaGrafindo Persada.
Darmawan, Ikhsan. (2015). Mengenal Ilmu Politik. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara.
Effendy, Onong Uchjana. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Farisa, Fitria Chusna. 2019. Hasil Pilpres 2019: Jokowi-Ma'ruf 55,50 Persen, Prabowo-Sandi 44,50 Persen, Selisih 16,9 Juta Suara. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2019/05/21/02440251/hasil-pilpres-2019-jokowi-maruf-5550-persen-prabowo-sandi-4450-persen. 21 Mei 2019.
Hakim, Abdul. Kenaikan suara PDIP Surabaya tidak sejalan kenaikan persentasenya. Diakses dari https://jatim.antaranews.com/berita/295615/kenaikan-suara-pdip-surabaya-tidak-sejalan-kenaikan-persentasenya. 17 Mei 2019.
Hakim, Rakhmat Nur. PDI Perjuangan dan Perjalanan Panjangnya di Pemilu. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2018/02/21/07523171/pdi-perjuangan-dan-perjalanan-panjangnya-di-pemilu?page=all. 21 Februari 2018.
Hermawan, Eman (2001). Politik Membela Yang Benar, Teroi, Kritik dan Nalar. Yogyakarta : LKIS.
McNair, Brian. (2016). An Introduction to Political Communication atau Pengantar Komunikasi Politik. Terjemahan Imam Muttaqien. Bandung : Nusa Media
McQuail, Denis. Mass Communication Theory atau Teori Komunikasi Massa. Edisi 2. Terjemahan Putro Iva Izzati. Jakarta : Salemba Humanika.
Putri, Zunita. 2019. KPU Tetapkan Hasil Pileg 2019 : PDIP Juara, Disusul Gerindra-Golkar. Diakses dari https://news.detik.com/berita/d-4557803/kpu-tetapkan-hasil-pileg-2019-pdip-juara-disusul-gerindra-golkar. 21 Mei 2019.
Panuju, Redi. (2018). Pemilu Bukan Sekedar Urusan Coblosan. Surabaya: Jawa Pos
Panuju, Redi. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi. Jakarta: Prenada Mediagroup,
Ramadhan.Jummy Azhari. (2019). 412 Petugas KPPS Pemilu 2019 Meninggal Saat Bertugas. Diakses dari https://megapolitan.kompas.com/read/2019/05/03/
/412-petugas-kpps-pemilu-2019-meninggal-saat-bertugas. 3 Mei 2019.
Retaduri, Elza Astari. 2019. Perkiraan Formasi DPR 2019-2024: PDIP 128 Kursi, Gerindra 78 Kursi. Diakses dari https://news.detik.com/berita/d-4558348/perkiraan-formasi-dpr-2019-2024-pdip-128-kursi-gerindra-78-kursi pada 21 Mei 2019.
Schrooder, Peter . (2013). Strategi Politik. Edisi Revisi oleh Penulis. Jakarta : FNS.
Surbakti, Ramlan. 1992. Memahami Ilmu Politik. Cetakan Keempat. Jakarta : PT. Grasindo.
S13, PDIP Anti Islam. Diakses dari https://pinterpolitik.com/pdip-anti-islam. 21 2018.
Tim Kumparan. 7 Perbedaan Pemilu 2014 dan 2019. Diakses dari https://kumparan.com/@kumparannews/7-perbedaan-pemilu-2014-dan-2019-1542626775313123571. 19 November 2019.
Tim Redaksi. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan Ketujuh Edisi IV. Jakarta : Gramedia Pustaka Uatama.