PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI MI AL-IMAN TAMBAKREJO SLEMAN
Keywords:
hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, motivasi, pembelajaran matematikaAbstract
Kegiatan pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa terlibat aktif, memiliki kegairahan belajar dan meningkatnya hasil belajar siswa. Salah satu untuk mengatasi hal tersebut dengan cara diterapkannya model-model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas III di MI Al-Iman Tambakrejo Sleman. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Al-Iman Tambakrejo Sleman pada tahuan akademik 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, penyebaran kuesioner (angket), dan memberikan tes (pretest dan postest). Penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis data dari hasil penelitian. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas III di MI Al-Iman Tambakrejo Sleman. Hasil dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pra-siklus adalah 60 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80. Hal ini mengalami peningkatan sebanyak 20%. Penerapan model pembelajaran tipe Team Games Tournament (TGT) juga meningkatkan motivasi belajar siswa dengan prosentasi 80% siswa termotivasi dan menyukai pembelajaran matematika dengan model model pembelajaran tipe Team Games Tournament (TGT) dan 20% siswa kurang termotivasi atau kurang menyukai pembelajaran matematika dengan model-model pembelajaran tipe Team Games Tournament (TGT).Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Muhammad, dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harjoko, 2014, Meningkatkan Hasil belajar Matematika melalui Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) pada Siswa Kelas V SD N Kedungjambal 02 Kab. Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, Yogyakarta.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Juriyah, 2014, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dengan Metode Permainan Edukatif dalam Membuat Pantun Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Bausasran, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, Yogyakarta.
Karso, dkk. 2012. Pendidikan Matematika 1. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Marsigit, 2009, Pembudayaan Matematika di Sekolah Untuk Mencapai Keunggulan Bangsa, Prosiding, FMIPA UNY, Yogyakarta.
Mulyana, Eka. 2009. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sardiman. 2012. Inovasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Posdakarya.
Tukiran, dan Taniredja dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, Moh. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.