Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Proses Belajar Mengajar Di_Laboratorium Survey dan Pemetaan

Authors

  • Imron Rosadi Politeknik Negeri Malang
  • Takim Politeknik Negeri Malang

Keywords:

Laboratorium

Abstract

Laboratorium survey dan pemetaan di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang memiliki peranan yang cukup penting guna menunjang peserta didik atau mahasiswa memiliki atau menguasai keahlian terapan tertentu berupa penguasaan dalam hal survey pemetaan. Oleh sebab itu layanan di laboratorium harus selalu ditingkatkan. Salah satu cara untuk mengetahui seberapa baik layanan yang telah diberikan dapat dilakukan dengan cara mengukur tingkat kepuasan mahasiswa dengan menggunakan kuesioner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan proses belajar mengajar di laboratorium. Hasil uji validitas item kuesioner dengan menggunakan uji korelasi Pearson product moment menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner dinyatakan valid, dengan membandingkan nilai r hitung masing-masing item kuesioner menunjukkan lebih besar dari r tabel statistiknya yaitu sebesar 0,159 dari 152 responden. Sedangkan uji realibitas dengan menggunakan Cronbach's Alpha menunjukkan reliabilitas tinggi dengan alpha sebesar 0,992. Hasil analisis deskriptif pengukuran indek kepuasan mahasiswa didapatkan tingkat kepuasan mahasiswa ditinjau dari aspek kinerja dosen pengajar praktikum sebesar 4,04 menunjukkan mahasiswa merasa puas terhadap kinerja dosen, ditinjau dari aspek kinerja laboran/PLP sebesar 3,87 menunjukkan mahasiswa puas terhadap kinerja laboran/PLP, ditinjau dari aspek kinerja peralatan sebesar 3,98 menunjukkan mahasiswa merasa puas terhadap kinerja peralatan yang tersedia di laboratorium.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barus, Wan Bahroni J. (2020). “Pelaksanaan Survey Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan dan Pelaksanaan Proses Pendidikan Program Studi”. Magister Agroteknolog Universitas Islam Sumatera Utara. Laporan kegiatan Lembaga Penjamin Mutu Fakultas.

Fandy Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Marfuah, Umi dkk. (2016). Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Fakultas X Universitas XYZ. Prosiding SEMNASTEK 2016.Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Nurhidayati. (2016). Analisis Pelaksanaan Praktikum pada Pembelajaran Biologi Peserta Didik Kelas XI di SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung. SKRIPSI.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 03 tahun 2010 tentang “Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wijaya, Satria. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bagian Keuangan Dengan Metode Customer Satisfaction Index. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 3, No. 1, Februari 2017, Hal. 11-17.

Additional Files

Published

2022-11-16
Abstract Viewed = 482 times | PDF downloaded = 0 times