Pemanfaatan Logbook QR Code Berbasis Google Form Terhadap Kepuasan Penggunaan Laboratorium Pendidikan

Authors

  • Sigit Sepriadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Dessi Akhriani Balai Diklat Keagamaan Padang, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama

Keywords:

Laboratorium Pendidikan

Abstract

Riwayat penggunaan suatu alat dapat dilihat dari Logbook oleh semua pihak dengan jelas sehingga dapat menimbulkan rasa tanggung jawab ketika menggunakan suatu peralatan. Teknik kerjasama dan adanya kesadaran pribadi dari para pengunjung laboratorium untuk senantiasa selalu mengisi Logbook setelah pemakaian selesai, dapat membuat kegiatan di laboratorium berjalan lancar. Dengan diterapkannya Logbook, maka akan meningkatkan efektifitas dalam hal menanamkan kedisiplinan dalam penggunaan alat dan kesadaran tentang alat yang memiliki batas maksimal lama pemakaiannya. Kondisi faktual yang ada Laboratorium pendidikan adalah belum optimalnya pemanfaatan Logbook yang masih menggunakan metode lama (manual) mengakibatkan masih adanya ditemukan mahasiswa tidak mengisi Logbook dengan alasan tidak memiliki alat tulis. Dalam era Digitalisasi sekarang ini, banyak kamera telepon seluler telah dilengkapi dengan fitur scan barcode 2D (QR Code). Oleh karena itu, pemanfaatannya dapat disandingkan dengan mendigitalisasi logbook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logbook laboratorium yang terintegrasi dengan QR Code berbasis formulir digital sangat diperlukan mahasiswa dalam kegiatan di laboratorium dan bermanfaat bagi mahasiswa untuk mencatat logbook karena mahasiwa tidak perlu lagi membawa alat tulis ketika ingin menggunakan alat ataupu mencatat kepentingan berkunjung di laboratorium.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erneste, Pamusuk (2002). Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta : Penerbit Obor.

Denso Wave.(2010). History Of QR Code. Diakses pada 03 Agustus 2013 di http://www.qrcode.com/en/history/

Mihardja, Taufik H.(2009). QR Code Kompas Perkaya Konten bagi Pembaca. Diakses pada 03 Agustus 2013 di http://tekno.kompas.com/read/2009/06/15/0850503/QR.Cod.

Mukaromah, Siti. 2018. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Logbook Dengan Iconix Process”. ReTII, March. //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/601.

Rivers, D. J. (2009). Utilizing the quick response ( QR ) code within a Japanese EFL environment, 5(2), 15–28

Subamia, I Dewa Putu, I Gusti Ayu Nyoman Sri Wahyuni, and Ni Nyoman Widiasih. 2015. “Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum IPA SMP Berbasis Lingkungan”. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 47 (1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4954.

[ISO] International 0rganization for Standardization. (2005). ISO/IEC 13528:2005: Statistical Methods for Use in Proficiency Testing by Interlaboratory Comparisons. Switzerland. ISO.

Additional Files

Published

2022-11-16
Abstract Viewed = 424 times | PDF downloaded = 0 times