Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium (SIMPAL) Dengan Penambahan Barcode Scanner

Authors

  • Imron Rosadi
  • Purnadi Politeknik Negeri Malang
  • Yuli Hendrawan Politeknik Negeri Malang

Abstract

Penerapan sistem informasi pengelolaan laboratorium (SIMPAL V.1.0) di laboratorium survey pemetaan Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang sangat membantu tidak hanya bagi laboran dalam hal penyajian data kebutuhan peralatan dan bahan untuk kegiatan praktikum, akan tetapi juga bagi mahasiwa dalam proses pelaksanaan praktikum utamanya dalam hal peminjaman dan pengembalian peralatan. Pengembangan SIMPAL V.1.0 perlu terus dilakukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di laboratorium sehingga dapat memberikan layanan yang optimal. Pengembangan yang dimaksud diantaranya: pengembangan perangkat lunak, pengembangan basis data, penambahan barcode scanner dan pembuatan interface barcode scanner. Dengan menggunakan metode research and development (R&D) diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: a) perangkat lunak sebagai pengantarmuka antara database yang telah dibuat dengan pengguna laboratorium yang diberi nama “SIMPAL V 1.1; b) basis data yang diberi nama “BaseLabUKT _bar”; c) interface (pengantarmuka) yang dapat menghubungkan antara barcode scanner dengan perangkat lunak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lutfiyana, N. H. (2017). Rancang Bangun Alat Ukur Suhu Tanah, Kelembaban Tanah, dan Resistansi. Jurnal Teknik Elektro, Volume 9 No. 2.

Putri, Dwi Pratiwi dan Azizah Fatmawati (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Manggar. Jurnal INSYPRO, Vol. 4 No. 2.

Raharjo, R. (2017). Pengelolaan Alat Bahan dan Laboratorium Kimia. Jurnal Kimia Sains dan Aplikasi, 20(2), 99–104.

Rosadi, I., & Takim, T. (2023). Pembuatan Sistem Informasi Pengelolaan Laboratorium (SIMPAL) Menggunakan Borland Delphi 7.0. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 5(1), 8-19. https://doi.xorg/10.14710/jplp.1.1.8-19

Suseno, Nyoto dan Riswanto. (2017). Sistem Pengelolaan Laboratorium Fisika untuk Mewujudkan Pelaksanaan Praktikum yang Efisien. Jurnal JPF, Vol. V No. 1.

Sutanta, Edhy. (2003). “Sistem Informasi Manajemen”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Vendamawan, Rico. (2015). Pengelolaan Laboratorium Kimia. Jurnal METANA, Vol. 11 No. 02.

Wiratma, I Gusti Lanang dan I Wayan Subagya. (2014). Pengelolaan Laboratorium Kimia pada SMA Negeri di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti). Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 3, No. 2.

Zuraida dan Robby Cahyadi. (2021). Sistem pengelolaan laboratorium pengujian bahan untuk mewujudkan pelaksanaan praktikum yang efisien. Jurnal ARMATUR, Vol. 2. No. 1.

Additional Files

Published

2023-10-31
Abstract Viewed = 36 times | PDF downloaded = 0 times