Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik dengan Metode Hidrotermal Pada Suhu di Bawah 200°C

Authors

  • Fariz Alfian Indonesian Islamic University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik produk arang yang dihasilkan dari proses hidrotermal sampah biomassa dan sampah plastik jenis polipropilen (PP). Penelitian tersebut dilakukan pada kondisi subcritical water dengan tiga variasi komposisi. Proses hidrotermal dilakukan dengan menggunakan Batch Type Reactor dengan pemanas utama uap air yang dihasilkan oleh mini boiler dan pemanas eksternal yang diperoleh dari gas burner. Kondisi operasi dari proses hidrotermal dirancang pada tekanan 6 Bar dengan temperatur 160 oC. Parameter yang dikaji dalam penelitian ini adalah berat akhir produk arang, persentase pengurangan massa dan kualitas produk padat yang dihasilkan dari proses hidrotermal. Penelitian juga mengkaji komposisi ideal dari ke tiga variasi yang diujikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses hidrotermal sampah biomassa dan sampah plastik jenis PP dapat dilakukan  pada tekanan yang lebih rendah dan suhu di bawah 200 oC. Dengan proses hidrotermal pada suhu dibawah 200 ºC dengan tekanan 6 Bar terbukti dapat mengurai sampah plastik dan sampah daun. Hal ini dibuktikan dengan adanya pengurangan massa benda antara 83 % - 86 % dari berat awal dan adanya peningkatan nilai kalor produk. Semakin banyak persentase sampah plastik yang dicampurkan dalam proses hidrotermal maka semakin tinggi  nilai kalor yang dihasilkan oleh produk yaitu antara 0,2 % - 6,2 %. Campuran yang paling ideal dari 3 sampel adalah 1:3 (50 g sampah daun dan 50 g gelas plastik). Proses hidrotermal dengan tekanan 6 Bar pada suhu 160 ºC terbukti efektif untuk diterapkan di lingkungan skala kecil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/. diakses pada tanggal 01 September 2023

Nanda, S. dan Berruti F. (2020) Municipal solid waste management and landflling technologies: a review. Environmental Chemistry Letters.

Gonzalez-Valencia, R.; Magana-Rodriguez, F.; Cristóbal, J.; Thalasso, F. (2016) Hotspot detection and spatial distribution of methane emissions from landfills by a surface probe method. Waste Manag, 55, 299–305

Dewanti, P.D., Wiharja, Hanif, M., dan Nugroho R. (2020) Teknologi Hidrotermal Sebagai Solusi Cepat Pengolahan Sampah Organik Menjadi Pupuk. Jurnal Teknologi Lingkungan 21(2): 236-243.

Libra, J.A., Ro, K.S., Kammam, C., Funke, A., Berge, N.D., Neubauer, Y., Kern, J., 2011, Hydrothermal Carbonization of Biomass Residuals : A Comparative Review of The Chemistry, Processes dan Applications of Wet dan Dry Pyrolysis, Biofuels, 2(1), 106.

Subramanian, P.M. (2000). Plastics Recycling and Waste Management in the US. Resources, Conservation and Recycling 28 (2000)253-263.

Additional Files

Published

2023-10-31
Abstract Viewed = 71 times | PDF downloaded = 0 times