Pemanfaatan Shunt Adafter pada Penyearah DC untuk Pengembangan Pengujian Praktikum Elektronika Daya

Authors

  • Wayan Lastera Udayana University

Abstract

Penyearah DC merupakan salah satu penyedia daya yang umum digunakan pada alat-alat elektronik, sehingga kualitas penyearah menjadi syarat mutlak. Salah satu komponen penentu dari kualitas penyearah adalah bentuk gelombang arus listrik yang mengalir pada kerja optimal dari penyearah tersebut. Praktikum elektronika daya yang sudah berlangsung hanya mengukur nilai nominal arus listriknya saja, belum menampilkan bentuk gelombangnya, maka dilakukanlah penelitian ini. Penelitian bertujuan mengukur nilai nominal dan menampilkan bentuk gelombang arus listrik yang mengalir pada penyearah DC dengan pemanfaatan shunt adafter. Penelitian pertama dilakukan pada penyearah setegah gelombang dengan nilai beban tetap dan nilai beban vareabel dengan shunt adafter. Penelitian kedua dilakukan pada penyearah gelombang penuh dengan nilai beban tetap dan nilai beban vareabel dengan shunt adafter. Data-data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, didapatkan nilai nominal arus listrik yang mengalir dipengaruhi oleh nilai resistansi beban, bentuk gelombang arus listrik keluaran penyearah serupa dengan bentuk gelombang tegangan listrik keluarannya. Bentuk gelombang arus listrik masukan penyearah setegah gelombang serupa dengan bentuk gelombang arus listrik keluarannya. Bentuk gelombang arus listrik masukan penyearah gelombang penuh serupa dengan bentuk gelombang tegangan masukannya dan berbeda dengan bentuk arus listrik keluarannya. Metode pemanfaatan shunt adafter pada penyearah DC dapat dijadikan pengembangan pengujian pada praktikum elektronika daya dan pengujian serupa dibidang kelistrikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Meliala, Analisis Tegangan Keluaran DC Step-Up Cuk Konverter Menggunakan Fuzzy Logic Kontroler, Journal of electrical Technology, 2016; Vol.1 no.1: 17-24.

A. P. Hakim, S. S. Suprapto, and M. N. Farid, Pengaruh Beban dan Filter pada Penyearah AC-DC Terkendali untuk Rangkaian Pengisi Li-ion Berbasis Bridge Rectifier dan Buck Converter Menggunakan Metode CC/CV, Jurnal Teknologi Terpadu 9, 2021; Vol.I: 88-98.

T. Ratnasari, A. Senen, Perancangan Prototipe Alat Ukur Listrik AC dan DC Berbasis Mikrokontroler Arduino dengan Sensor Arus ACS-712 30 Ampere, Jurnal Sutet, 2017; Vol.7 No.2: 28-33.

S. Muliarni, I. Husnaeni, Apikasi Pengontrolan Lampu dan Motor DC Berbasis Arduino, JTev; 2020, Vol.6: 285-292.

D.T. Arif, Aswardi. M.T, Kendali Kecepatan Motor DC penguat terpisah berbeban Berbasis Arduino, JTev; 2020, Vol.6: 33-42.

Hadiyansyah, Atmam, D. Setiawan, Studi Penggunaan Semi Converter AC-DC untuk Mengatur Kecepatan Motor DC, Sain ETIn, 2019; Vol.3 No.2: 33-41.

Martanto, RB.D. Wihadi, R.d. Agusulistyo and Tjendro, Penampil Gelombang Tegangan dan Arus Berbasis Arduino Due untuk Generator AC Tiga Fasa, Jurnal ELCOMIKA; 2020, Vol.8 No.2: 336-346.

Aksan, S. Said, Analisis Pengaruh Pemasangan Shunt Reactor Terhadap Sistem Tenaga Listrik, Prosiding 4th Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltek Negeri Ujung Pandang; 2020: 68-73.

J.J. Rikuhahu, D.R. Santosa, R.N. Hasanah and M. Dhofir, Desain dan Pembuatan Resistor Shunt Ohmik Rendah dan Aplikasinya sebagai Elemen Pengukur Arus Tinggi Impulse, 8/20μs, Jurnal EECCIS, 2013; Vol.7 No.1: 85-90.

Additional Files

Published

2023-10-31
Abstract Viewed = 104 times | PDF downloaded = 0 times