PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA PELATIHAN JARAK JAUH PENILAIAN PEMBELAJARAN ANGKATAN 3 BDK SEMARANG TAHUN 2020
Keywords:
Balai Diklat Keagamaan Semarang, pelatihan jarak jauh, pengembangan karakter.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan karakter peserta PJJ Penilaian Pembelajaran Angkatan 3 Balai Diklat keagamaan Semarang Tahun 2020. Karakter yang diamati adalah disiplin, partisipasi, dan inisiatif. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Subjek sejumlah 40 (empat puluh) guru. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Variabel penelitian ini adalah predikat karakter peserta, kegiatan keterampilan peserta pada penggunaan media dan nilai produk peserta pada mata pelatihan kelompok inti. Media yang digunakan adalah sistem blc.bdksemarang.net, WhatsApp Group, dan Zoom Meeting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pelatihan telah menyediakan kegiatan untuk mengembangkan karakter disiplin, partisipasi, dan inisiatif peserta melalui kegiatan keterampilan sesuai dengan tahapan pendekatan saintifik. Nilai rata-rata produk adalah 84,97. Nilai rata-rata peserta tertinggi adalah 96,00 dan nilai rata-rata terendah peserta adalah 74,34. Korelasi karakter disiplin dan nilai rata-rata keterampilan adalah 0,76. Korelasi karakter partisipasi dan nilai rata-rata keterampilan adalah 0,51. Korelasi karakter inisiatif dan nilai rata-rata keterampilan adalah 0,31.Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran yang disediakan dalam PJJ Penilaian Pembelajaran Angkatan 3 Balai Diklat Keagamaan Semarang tahun 2020 telah dapat mengembangkan karakter peserta terutama karakter disiplin. Pengembangan karakter partisipasi dan inisiatif agar meningkat disarankan pimpinan dan widyaiswara lebih meningkatkan motivasi peserta PJJ, memperbesar bandwidth sistem blc.bdksemarang.net, dan pemberian ganti pulsa di awal PJJ.
Downloads
References
Arikunto, S. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad, I.F. 2020. Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid 19) di Indonesia. Jurnal Pedagogik, Vo. 07, No. 01, Januari-Juni 2020. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1136.
Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Keputusan Kepala Badan Litbang dan Diklat Nomor 685 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Jakarta: Sekretarat Badan Litbang dan Diklat.
Balai Diklat Keagamaan Semarang. 2020. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh Penilaian Pembelajaran Angkatan 3 Tahun 2020. Semarang: Seksi Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan.
Krathwohl, D.R., Bloom, B.S., and Masia, B.B. 1964. Taxonomy of Educational Objectives: Handbook II: Affectictive Domain. New York: David McKay Company.
Maksudin, 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Martiningsih, M., Situmorang R.P., dan Hastuti, S.P. 2018. Hubungan Keterampilan Generik Sains dan Sikap Ilmiah melalui Model Inkuiri Ditinjau dari Model Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains. Volume 06. Nomor 01 (2018). 24-33.
Tahar, I. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Volume 7.Nomor 2. September 2006, 91-101. https://www.academia.edu/download/53111156/hasil_belajar.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurul Kamilati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.