Model Asesmen Otentik untuk Menilai Capaian Karakter di Taman Kanak-Kanak Raudlatul Athfal
Abstract
Capaian karakter anak usia dini sangat penting diketahui untuk mempermudah guru dalam memberikan bantuan, layanan, serta
pengembangan peserta didik. Oleh karena itu diperlukan model asesmen yang dapat digunakan untuk mendeteksi capaian karakter anak secara mudah dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model asesmen otentik untuk menilai capaian karakter anak usia dini di Taman Kanak-Kanak/ Raudlatul Athfal yang baik/efektif dan memenuhi kriteria goodness of fit statistics; (2) mengetahui karakteristik instrumen model asesmen otentik untuk menilai capaian karakter anak usia dini di TK/RA. Metode penelitian yang digunakan mengacu model Research and Development dari Plomp. Model ini digunakan karena setiap fase pengembangan selalu diikuti dengan implementasi, sehingga fase implementasi dari model tersebut tidak perlu lagi dilaksanakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, observasi, dan FGD. Uji validitas isi dengan expert judgment dan diteruskan dengan formula Aiken’s V. Uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Uji validitas dan reliabilitas konstruk serta kecocokan model menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) diteruskan dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian ini meliputi: (1) model asesmen otentik yang dikembangkan yaitu model ASOKA. Model ini dinyatakan valid, dan reliabel, serta memenuhi kriteria goodness of fit statistic; (2) Karakteristik instrumen model ASOKA yaitu: (a) validitas isinya tergolong tinggi yakni dengan indek Aiken’s V sebesar 0,901, (b) validitas konstruk instrumennya memenuhi kriteria goodness of fit statistic, (c) reliabilitas instrumennya tergolong baik dilihat dari koefisien nilai Alpha Cronbach sebesar 0,914.
kata kunci: model ASOKA, asesmen otentik, anak TK/RA.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Umi Faizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.