ASESMEN KESULITAN BELAJAR PADA SISWA TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018 -2019

Authors

  • Muslikhul Ibad
  • Syifa Ursula
  • Ahmad Dwi Nur Khalim

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengukuran dan hasil dari implementasi asesmen kesulitan belajar bagi Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan instrumen  asesmen, wawancara, observasi, dan dokementasi. Lokasi penelitian berada di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Perkembangan secara motorik anak disimpulkan bahwa anak mampu menggunakan dengan baik. Hal ini didukung oleh kemampuan anak dalam menggunakan otot-otot besarnya pada tangan dan kaki secara terkontrol (motorik besar) dan mampu mengkoordinasi mata dan tangan sesuai dengan perkembangan umurnya (motorik halus). 2).Perkembangan bahasa anak sudah mengalami perkembangan yang baik. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan anak dalam memahami percakapan yang terjadi di antara teman-teman seusianya. Perkembangan bahasa lainnya yang nampak ialah ia mampu mengungkapkan dan bercerita secara lancar tentang pengalamannya ataupun mengekspresikan keiinginannya. 3). Adapun secara sosial emosional mulai berkembang dengan cukup baik. Namun, ada beberapa prilaku yang masih mencerminkan ketidakstabilan emosi anak. Terutama dalam pembelajaran yang berbentuk kelompok ataupun yang membutuhkan kerjasama. Hal ini disebabkan masih adanya kecenderungan aktif dengan kegiatannya sendiri tetapi pasif dengan interaksi sosial  sehingga berpengaruh kepada tingkat konsentrasi ataupun perhatian terhadap teman-teman di sekelilingnya.

Kata kunci: Asesmen, Kesulitan Belajar, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-03

How to Cite

Muslikhul Ibad, Syifa Ursula, & Ahmad Dwi Nur Khalim. (2022). ASESMEN KESULITAN BELAJAR PADA SISWA TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018 -2019 . Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 5(1), 49–61. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/mukaddimah/article/view/2854

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 272 times | pdf downloaded = 846 times