NILAI-NILAI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

Authors

  • Sugeng Riyadi
  • Munjahid
  • Samsudin
  • Ahmad Shofiyuddin Ichsan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan pesantren yang terdapat dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy dan untuk mengetahui relevansinya terhadap pendidikan Islam saat ini. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam hal materi pembelajaran terdapat materi kitab kuning, nahwu, fikih, akhlak, tasawuf, saraf dan Al-Qur’an. Dalam hal metode pembelajaran, terdapat metode bandongan (wetonan), metode sorogan, dan metode menghafal. Dalam evaluasi pembelajaran, terdapat evaluasi sumatif, evaluasi penempatan, dan evaluasi diasnotik. Sedangkan dalam akhlak dan jiwa kepesantrenan, terdapat ajaran tentang keikhlasan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berpendapat, hormat terhadap kyai dan guru, silaturahim, kebersamaan, dan kasih sayang. (2) Nilai-nilai pendidikan pesantren pada novel Kembara Rindu sangat relevan dengan pendidikan saat ini, baik dari sisi materi dan kurikulum pembelajaran.

Kata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Pondok Pesantren, Novel Kembara Rindu, Habiburrahman El-Shirazy

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Sugeng Riyadi, Munjahid, Samsudin, & Ahmad Shofiyuddin Ichsan. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN PESANTREN DALAM NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 5(2), 111–146. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/mukaddimah/article/view/2856

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 161 times | pdf downloaded = 189 times