UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA MTs NEGERI 4 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

Authors

  • Tutik Husniati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, pertama,  suasana keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab pada materi fi’il mudhari’ melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII F MTs Negeri 4 Bantul. Kedua,  hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Arab materi fi’il mudhari’ melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas VIII F MTs Negeri 4 Bantul.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebanyak 27 orang siswa yang terdiri atas putra 12 orang  dan putri 15 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research, yaitu sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu; perencanaan tindakan (action plan), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).

Selanjutnya adalah menganalisa data dengan mencari rata- rata yaitu dengan  menghitung nilai rata-rata kelas dengan rumus. Menurut Nana Sudjana (2013 : 109) “Mean atau rata-rata diperoleh dengan menjumlahkan skor dibagi dengan banyaknya siswa”. Analisa data selanjutnya adalah dengan menghitung persentase ketuntasan belajar.

Hasil analisis menunjukkan bahwa pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktifitas siswa MTs N 4 Bantul  pada saat mengikuti pelajaran bahasa Arab. Ini bisa dilihat  dari olah skor data observasi pada siklus I rata- ratanya 77,7%,dan siklus II rata- ratanya 86,8% berarti meningkat  9,1 %. Kedua, penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa MTs N 4 Bantul pada pelajaran bahasa Arab secara signifikan. Hal ini bisa terlihat dari skor nilai siswa yang mengalami kenaikan baik pada siklus I maupun siklus II. Hasil hitungan skor nilai hasil belajar siswa dari pre test ke nilai siklus I rata- ratanya naik 45 angka dan ketuntasannya naik 4,2%.   Sedangkan dari siklus I ke siklus II rata- ratanya naik 3 angka dan ketuntasannya naik 14,4 %, dimana ketuntasan siklus I adalah 70,8 % dan siklus II adalah 85,2 %.

Kata kunci: keaktifan, hasil belajar, Jigsaw.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Tutik Husniati. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA MTs NEGERI 4 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 5(2), 167–183. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/mukaddimah/article/view/2858

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 447 times | pdf downloaded = 388 times