Peningkatan Minat Baca Melalui Metode Dongeng Pada Anak-anak Anggota Sanggar Ruang Aksara Gayamharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta

Authors

  • Ine Wulandari State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.14421/jbs.1156

Keywords:

Minat, baca, anak, dongeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak anggota Sanggar Ruang Aksara di Jali, Gayamharjo, Prambanan, Sleman melalui kegiatan dongeng. Dongeng dilakukan dengan memasukkan cerita motivasi yang menarik anak-anak agar menyukai buku dan gemar membacanya. Ada 15 anak yang menjadi sasaran kegiatan ini. Dongeng dilakukan selama 1,5 jam pada Minggu, 23  Oktober 2016. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu minat baca anak meningkat dilihat dari jumlah peminjam buku bertambah dari semula kurang dari sepuluh, dalam beberapa hari bisa meningkat menjadi belasan. Selain itu banyak diantara mereka yang minta dibacakan dongeng dari buku saat berkunjung ke Sanggar. Target pencapaian kegiatan akan lebih maksimal jika dongeng dilakukan rutin, sehingga semangat anak-anak akan terjaga konsistennya.

Downloads

Published

2017-08-31

How to Cite

Wulandari, I. (2017). Peningkatan Minat Baca Melalui Metode Dongeng Pada Anak-anak Anggota Sanggar Ruang Aksara Gayamharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 73–77. https://doi.org/10.14421/jbs.1156

Issue

Section

Articles