Peningkatan Minat Baca Melalui Metode Dongeng Pada Anak-anak Anggota Sanggar Ruang Aksara Gayamharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.14421/jbs.1156Keywords:
Minat, baca, anak, dongengAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak anggota Sanggar Ruang Aksara di Jali, Gayamharjo, Prambanan, Sleman melalui kegiatan dongeng. Dongeng dilakukan dengan memasukkan cerita motivasi yang menarik anak-anak agar menyukai buku dan gemar membacanya. Ada 15 anak yang menjadi sasaran kegiatan ini. Dongeng dilakukan selama 1,5 jam pada Minggu, 23 Oktober 2016. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu minat baca anak meningkat dilihat dari jumlah peminjam buku bertambah dari semula kurang dari sepuluh, dalam beberapa hari bisa meningkat menjadi belasan. Selain itu banyak diantara mereka yang minta dibacakan dongeng dari buku saat berkunjung ke Sanggar. Target pencapaian kegiatan akan lebih maksimal jika dongeng dilakukan rutin, sehingga semangat anak-anak akan terjaga konsistennya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.