Penyuluhan Penerapan Ilmu Fiqih dalam Hukum Islam Sebagai Salah Satu Sumber Hukum Nasional bagi Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jakarta

Authors

  • Irfan Islami Fakultas Hukum Universitas YARSI, Jakarta Pusat
  • Nelly Ulfah Anisariza Fakultas Hukum Universitas YARSI, Jakarta Pusat
  • Kukuh Fadli Prasetyo Fakultas Hukum Universitas YARSI, Jakarta Pusat

DOI:

https://doi.org/10.14421/jbs.1194

Keywords:

Fiqih, Syariah, Hukum Islam, Madrasah

Abstract

Hukum Islam sebagai salah satu sumber hukum nasional merupakan kumpulan aturan yang berdasarkan pada norma-norma atau kaidah-kaidah fiqhiyah. Implementasi fiqih yang dikodifikasikan menjadi hukum Islam yang berlaku di Indonesia tidaklah mencakup seluruh bidang, hanya mencakup beberapa bidang saja, seperti perkawinan, wasiat, hibah, warisan, zakat, infak, sedekah dan ekonomi syariah. Pemberlakuan syariat atau hukum Islam di Indonesia telah ada sebelum hukum barat berlaku di wilayah Nusantara, namun masih banyak terdapat kesalahpahaman masyarakat tentang syariat yang berlaku di Indonesia. Madrasah Aliyah sebagai jenjang pendidikan menengah formal yang setara dengan Sekolah Menengah Atas selain mengajarkan mata pelajaran umum juga diajarkan materi pelajaran agama, khususnya pelajaran fiqih. Pemberian materi fiqih di MA haruslah dibarengi dengan pemahaman kedudukan dan implementasi hukum Islam dalam tata hukum negara yang berdasarkan pada Pancasila, agar siswa-siswi dapat mengetahui sejauh mana syariat diberlakukan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Negara Republik Indonesia. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pemahaman kepada para siswa-siswi Madrasah Aliyah khususnya MAN 3 Jakarta tentang pemberlakuan Hukum Islam dan kedudukannya dalam tata hukum Negara Republik Indonesia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan metode pelatihan/penataran/penyuluhan yang bersifat participatory action dalam bentuk ceramah dan diskusi.

[Islamic law as one source of national law is a collection of rules based on fiqhiyah norms or rules. The implementation of fiqh codified into Islamic law in Indonesia does not cover all areas, covering only a few areas, such as marriage, probate, grant, inheritance, zakat, infaq, alms and sharia economy. The enforcement of Shari'a or Islamic law in Indonesia has existed before western law applied in the archipelago, but there are still many misconceptions about the sharia that prevail in Indonesia. Madrasah Aliyah as a formal secondary education level equivalent to High School in addition to teaching general subjects are also taught religious subjects, especially the lessons of jurisprudence. The provision of fiqih material in MA must be accompanied by understanding the status and implementation of Islamic law in the state law based on Pancasila, so that students can know the extent to which Shari'a is applied in the life of society and state in the Republic of Indonesia. The purpose of this community service activity is to give understanding to the students of Madrasah Aliyah especially MAN 3 Jakarta about the implementation of Islamic Law and its position in the law of the Republic of Indonesia. Community service activities are conducted through participatory action training/upbringing methods in the form of lectures and discussions.]

References

Abu Zahrah, Muhammad. 2005. “Ushul al-Fiqh” Terjemah Saefullah Ma’shum. Ushul Fiqh. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Ali, Mohammad Daud. 2014. Hukum Islam. Jakarta: Rajawali Pers, Cet. 20, Januari.

Amir Syarifuddin. 1997. Ushul Fiqh Jilid I, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Bahtiar Effendy. 1998. Islam dan Negara Transformasi Pemikiran dan Praktek Politik di Indonesia, Jakarta: Paramadia.

M. Quraisy Shihab. 1994. Membumikan Al-Qur‟an, Bandung: Mizan.

Masykuri Abdullah, “Kedudukan Hukum Islam dalam sistem Hukum Nasional” dalam Jauhar Vol. 1 No. I Desember 2000.

Muhammad Julijanto, Implementasi Hukum Islam di Indonesia Sebuah Perjuangan Politik Konstitusionalisme, Artikel Conference Proceedings Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS VII).

Mujamil Qamar. 2005. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Intitusi, Jakarta: PT Erlangga.

Wahjoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren: Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: Gema Insan Press, 1997.

Zakiah Daradjat. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-04-06

How to Cite

Islami, I., Anisariza, N. U., & Prasetyo, K. F. (2018). Penyuluhan Penerapan Ilmu Fiqih dalam Hukum Islam Sebagai Salah Satu Sumber Hukum Nasional bagi Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jakarta. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.14421/jbs.1194

Issue

Section

Articles