Rancang Bangun Modul Rak Portabel Untuk Pajang Pameran: Studi Kasus Kelompok Usaha UMKM Kapanewon Moyudan, Sleman

Authors

  • Taufiq Aji UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Syaeful Arief UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Mohammad Farhan Qudratullah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Rini Puspitaningtiyas Forkom UMKM Kapanewon Moyudan

Keywords:

UMKM, pemasaran, portabel, rak modular

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan bagian dari perekonomian nasional yang memiliki peran penting pada pertumbuhan ekonomi negara. Namun demikian, UMKM merupakan unsur pembangunan ekonomi yang mengalami kerentanan, salah satunya dalam hal pemasaran.Penelitian ini, bertujuan mengembangkan rak modular yang sesuai dengan kriteria keperluan kelompok usaha. Rancangan diperoleh dengan metode perancangan modular, untuk mendapatkan rancangan yang ringkas dan fleksibel. Hasil rancangan adalah modul alat pajang pameran, berjumlah 5 modul. Uji coba rancangan, dilakukan pada pameran gelar produk di tingkat lokal.

[Small and Medium Enterprises (UmKM) are part of the national economy that have an important role in the country's economic growth. However, UMKM are elements of economic development that experience vulnerability, one of which is in terms of marketing. This study aims to develop a modular shelf that meets the criteria for the needs of a business group. The design is obtained by the modular design method, to obtain a concise and flexible design. The result of the design is an exhibition display module, totaling 5 modules. Design trials, carried out at product exhibitions at the local level.]

References

Agustin L., Kusumarini Y., Suprobo F.P., 2014, Perancangan Modular Indoor Booth untuk Produk Pakaian, Sepatu dan Makanan, Jurnal INTRA Vol. 2, No. 2, 2014.

https://antropometriindonesia.org/index.php/detail/artikel/4/10/data_antropometri diakses pada 15 Juli 2022, pukul 13.45.

https://www.bkpm.go.id/id/punlikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indeonesia diakses pada 11 Juli 2022, pukul 10.37.

Mandasari, D.J., Widodo J., Djaja, S., (2019), Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso, Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosia, Volume 13 Nomor 1.

Rizani N.C., Satria A., 2013, Identifikasi Kebutuhan Pelanggan DalamPerancangan dan Pengembangan Konsep TasBackpack yang Ergonomis Dan Multifungsi, Jurnal Teknik Industri Vol. 3 No. 1, Maret 2013.

Tanza G., Gosang S.V., 2018, Metode Perancangan Perabot Modular Studi Kasus Tiga Projek Perancangan Perabot Modular di Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra, Seminar Nasional Seni dan Desain: “Konvergensi Keilmuan Seni Rupa dan Desain Era 4.0” FBS Unesa, 25 Oktober 2018.

Triyaningsih S.L., 2012, Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah, Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 12, No. 1, April 2012.

Downloads

Published

2022-08-09

How to Cite

Aji, T. ., Arief, S. ., Qudratullah, M. F. ., & Puspitaningtiyas, R. . (2022). Rancang Bangun Modul Rak Portabel Untuk Pajang Pameran: Studi Kasus Kelompok Usaha UMKM Kapanewon Moyudan, Sleman. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 6(1), 1–6. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/jbs/article/view/3587

Issue

Section

Articles