KEPRAKTISAN BAHAN AJAR DINAMIKA PARTIKEL BERMUATAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG

Authors

  • Marlina Universitas Lambung Mangkurat
  • Mastuang Universitas Lambung Mangkurat
  • Dewi Dewantara Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Bahan ajar, pemecahan masalah, pengajaran langsung.

Abstract

Penggunaan bahan ajar bermuatan ayat-ayat Al-quran dalam mata pelajaran fisika akan memberi kontribusi untuk melatihkan dan pengoptimalan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar dinamika partikel bermuatan ayat-ayat Al-quran menggunakan model pengajaran langsung. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan subjek uji coba berupa bahan ajar dan diuji coba pada 22 mahasiswa. Kepraktisan merupakan salah satu proses pada bagian dari tahap pengembangan (develop). Kepraktisan bahan ajar diukur dengan menggunakan lembar keterbacaan materi ajar dan LKPD kemudian ditentukan berdasarkan penilaian responden yang dinyatakan praktis atau tidak praktis. Jika praktis, akan dikategorikan kembali menjadi sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahan ajar dinamika partikel bermuatan ayat-ayat Al-quran menggunakan model pengajaran langsung bersifat praktis dengan kategori sangat tinggi. 

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles