PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI TENGAH PANDEMI COVID19 MENGGUNAKAN METODE KELOMPOK, KUIS, DAN PEMBERIAN HADIAH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI SUDIMARA PINANG

Authors

  • Ulia Fitrass UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hana Restya Yuni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Lia Febriyanti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Hadiah, Kuis, Matematika, Pembelajaran, Siswa.

Abstract

Pandemi virus korona di Indonesia mengharuskan sekolah dilakukan secara online. Kelas online menyebabkan banyak siswa tidak fokus dan lupa akan materi pembelajaran sehingga dilakukan kelas offline matematika yang dilakukan di Masjid Hayya ‘Alal Falah dengan mematuhi protokol kesehatan. Siswa atau objek penelitian dari Sekolah Dasar (SD) dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok 1 yang terdiri dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SD, kelompok 2 terdiri dari siswa perempuan dari kelas 4 SD sampai 6 SD, dan kelompok 2 siswa laki-laki dari kelas 4 SD sampai 6 SD. Peneliti memberikan kuis dan hadiah untuk memotivasi siswa. Hasil yang didapatkan siswa kelas 1 SD belum bisa digabung kelompok dengan siswa kelas 2 dan 3 SD. Pemberian kuis dan disertai hadiah setelah mengajar dapat meningkatkan motivasi siswa untuk aktif di kelas. Siswa kelas 2-6 mampu mengikuti pelajaran dengan metode kelompok. 

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles