ADAB PENGAJARAN SAINS DALAM ISLAM
Keywords:
Adab, Sains, Ilmu, PengajaranAbstract
Artikel ini berkaitan dengan permasalahan yang diungkapkan oleh Prof. Naquib al-Attas yaitu “loss of adab” yang mana dalam implikasinya telah memunculkan kebingungan terhadap faham Ilmu Pengetahuan. Kebingunan dalam meneroka makna dan faham Ilmu yang sesungguhnya menimbulkan ketidakadilan dalam memandang Ilmu itu sendiri. Seperti yang terjadi sekarang ini, dimana Ilmu Pengetahuan dan sains tidak menjadikan adab sebagai landasan dalam melihat objek pengamatan dan fenomena alam semesta. Hingga pada akhirnya Ilmu Pengetahuan dan sains tidak hanya memberikan kemaslahatan namun juga tragedi kerusakan. Melihat masalah diatas, penulis ingin memaparkan adab dalam memahami Ilmu dan adab dalam mempelajari Sains yang mana akan dikaitkan dengan adab dalam pengajaran Sains. Pengajaran sains dalam Islam sangatlah penting namun ada hal lebih penting dari sekedar pengajaran sains itu sendiri, yaitu adab sesuai dengan landasan Islam agar nantinya tidak terjadi kesalahfahaman dalam mempelajari sains. Pemaparan tulisan ini didukung dengan beberapa referensi yang otoritatif dan sesuai dengan pembahasan tema. Urgensi penulisan artikel ini yaitu berkaitan pentingnya pendidikan adab dalam proses pengamatan atau penelitian Ilmu Pengetahuan dan sains terhadap suatu objek penelitian. Dimana dalam pendidikan sains, adab harusnya meletakkan fenomena alam semesta sesuai pada tempatnya sebagai ayat-ayat Allah, memberikan pemahaman bahwa segala sesuatu yang terjadi tidak lepas dari Sunnatullah, dan memberikan kemaslahatan kepada seluruh manusia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 KIIIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.