IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DAN SAINS DI SMAN 1 SUNGAI PENUH
Keywords:
Implementasi,Teknologi pendidikan islam dan SainsAbstract
Teknologi merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan, yang terjadi di dunia pendidikan. Oleh karena itu, sudah selayaknya pendidikan sendiri juga memanfaatkan teknologi untuk membantu pelaksanaan pembelajaran. Pada masa yang akan datang pendidikan akan lebih ditentukan oleh teknologi dan sains yang akan saling berkolaborasi sehingga mencapai kualitas hasil belajar yang lebih baik lagi jika digunakan secara bijak. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sungai Penuh dengan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara terhadap guru di SMAN 1 Sungai Penuh dan juga melakukan observasi terkait apakah di SMAN 1 Sungai Penuh sudah menerapkan teknologi pendidikan islam dan sains atau tidak. Dari observasi yang dilakukan penulis di SMAN 1 Sungai Penuh,dapat disimpulkan bahwa SMAN 1 Sungai Penuh sudah menerapkan teknologi pendidikan islam dan sains secara serius hal ini dibuktikan dengan visi dan misi sekolah yang dijadikan dasar dalam penerapan kurikulum di sekolah tersebut. Hasil observasi di SMAN 1 Sungai Penuh penulis melihat secara langsung proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah ini sangat menerapkan teknologi dan sains. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap guru di SMAN 1 Sungai Penuh dapat disimpulkan bahwa SMAN 1 Sungai Penuh sudah menerapkan teknologi pendidikan islam dan sains di sekolahnya. Hal ini dibuktikan dengan SMAN 1 Sungai Penuh sangat menjunjung tinggi nilai keagaamaan,akhlakul karimah sesuai dengan ajaran agama islam karena 90% siswa di SMAN 1 Sungai Penuh beragama islam. Selain itu,SMAN 1 Sungai Penuh juga melaksanakan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dengan mengutamakan religiositas seperti membaca Asmaul Husna, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, shalat dhuzur berjamaah, yasinan, ceramah agama, kultum, dan peringatan hari besar Agama, kegiatan keagamaan lainnya) dan juga Jumat beriman.