INOVASI PENDIDIKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Authors

  • Noni Kurniasih Universitas Jambi

Keywords:

Blended Learning, Inovasi Pendidikan, Model Pembelajaran

Abstract

Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai sarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam memberikan SDM yang berkualitas, penting dilakukan adanya peningkatan kualitas pendidikan. Kemajuan dalam teknologi saat ini menghasilkan beberapa aplikasi yang berguna dalam bidang pengajaran. Salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan adalah blended learning. Blended learning adalah model pembelajaran yang memadukan pembelajaran gaya lama tradisional dari dekat dan pribadi dengan pembelajaran berbasis web baik secara gratis maupun di web secara kooperatif dengan memanfaatkan kerangka inovasi data dan korespondensi. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan cara mengkaji berbagai literatur yang berkaitan dengan model pembelajaran blended learning di Indonesia. Model pembelajaran campuran adalah model pembelajaran yang menggabungkan teknik tatap muka dengan PC membantu menunjukkan strategi baik terputus maupun online untuk membentuk pendekatan pembelajaran yang terintegrasi. Pembelajaran berbasis web selesai setelah pengajar dan siswa berkonsentrasi tatap muka di ruang belajar selama 40 menit dan gerakan siswa berbasis web membaca dengan menggunakan PC. Keuntungan dari pembelajaran berbasis campuran untuk instruktif atau mempersiapkan pendirian adalah mengembangkan ruang lingkup untuk memahami; efektivitas biaya; hasil ideal; menyesuaikan kebutuhan siswa. Kesimpulan dari kajian ini pembelajaran Blended Learning merupakan salah satu inovasi pendidikan yang baik dan dapat diaplikasikan pada lembaga pendidikan di Indonesia.

Downloads

Published

2022-02-23