PENGARUH PHET SIMULATION BERBASIS DESCOVERY LEARNING TERHADAP RASA INGIN TAHU SISWA
Keywords:
PhET Simulation, Rasa ingin tahu, TeknologiAbstract
Penelitian ini dilakukan karena menurunnya hasil belajar siswa saat diberlakukannya sekolah tatap muka setelah masa daring.. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pengaruh PhET Simulation berbasis descovery learning ini terhadap rasa ingin tahu siswa di kelas XI SMAN 7 Sarolangun tepatnya kelas XI Mia1. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain pre test and post test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket rasa ingin tahu siswa sesudah dan sebelum menggunkan PhET Simulation sebanyak 25 butir. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan rasa ingin tahu siswa ketika belajar menggunakan PhET Simulation, dengan meningkatnya minat belajar siswa maka siswa juga akan lebih cepat memahami mata pelajaran.