SOLUSI PERMASALAHAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ISLAM DENGAN LITERASI DIGITAL DAN PEMBERIAN NILAI PADA TEKNOLOGI MELALUI JALAN INTEGRASI QUANTUM
Abstract
Abstrak. Teknologi pembelajaran dalam pendidikan Islam belum dimanfaatkan secara optimal, terlihat dari berbagai problem teknologi yang dihadapi pendidikan Islam, padahal kehadiran teknologi dalam pendidikan islam menjadi sesuatu yang niscaya di era revolusi industri 4.0. Dikotomi Sains dan Agama ditengarai sebagai pokok pangkal permasalahan ini, selanjutnya pandangan teknologi bebas nilai vis a vis dengan teknologi sarat nilai pun turut mengemuka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat problem teknologi pembelajaran dalam pendidikan Islam dan solusi alternatif pemecahan masalah melalui jalan integrasi quantum. Metode dalam penelitian ini ialah studi kepustakaan dengan teknik konten analisis. Hasil penelitian menunjukkan pertama, problem teknologi pembelajaran dalam pendidikan Islam berupa kurangnya kompetensi SDM yang menguasai teknologi, ketidakmerataan akses teknologi, dan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Ketiganya berpangkal pada pandangan buruk terhadap teknologi. Kedua, solusi alternatif yang ditawarkan yakni penguatan literasi digital oleh Bawden yang terdiri atas kemampuan dasar literasi, latar belakang pengetahuan informasi, serta sikap & perspektif informasi ditambah dengan pemberian nilai islami pada teknologi menurut Hamid Fahmy Zarkasyi melalui perubahan wordview dan penerapan prinsip mashlahah dalam aktivitas teknologis. Keduanya bergerak saling mendekat dalam satu tarikan nafas melalui jalan integrasi quantum. Kesimpulan penelitian ini literasi digital dipadukan dengan pemberian nilai pada teknologi melalui jalan integrasi quantum dapat menyelesaikan pokok permasalahan teknologi dalam pendidikan Islam, sehingga pendidikan Islam tetap mampu menjawab tantangan zaman tanpa tercerabut dari nilai-nilai Islam.
Kata kunci: Integrasi Quantum, Literasi Digital, Nilai Teknologi, Teknologi Pembelajaran.