ANALISIS KONTEN DAKWAH KAMPANYE PENURUNAN COVID-19 PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Keywords:
Dakwah, Media Sosial, Kampanye sosial Sosial, Covid-19Abstract
Strategi dakwah saat ini dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, salah satunya melalui media sosial Instagram. Adanya pandemi Covid-19 membuat segala upaya dilakukan, tak terkecuali dalam ranah kampanye sosial untuk menekan laju penyebaran Covid-19 melalui pesan dakwah kepada umat muslim. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konten poster dakwah terkait kampanye penurunan Covid-19 pada akun instagram Islami selama masa pandemi tahun 2020-2021. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan yakni 14 poster dakwah kampanye sosial dari 6 akun Instagram Islami. Teknik analisis data menggunakan analisis konten dengan mengkategorikan isi pesan pada poster berdasarkan unsur kampanye sosial dan dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 14 poster yang di analisis, ditemukan 41% isi pesan mengandung unsur kampanye sosial, 31% isi pesan mengandung unsur dakwah, dan 28% mengandung unsur kampanye dan dakwah. Konten poster yang mengandung unsur dakwah berisi 8 materi akhlak, 2 materi akidah, dan 1 materi syari'ah.