APAKAH KEPEMILIKAN ICT DI RUMAH MEMPENGARUHI NILAI SAINS SISWA INDONESIA? ANALISIS MELALUI DATA PISA 2015

Authors

  • M. Mujiya Ulkhaq Diponegoro University

Keywords:

ICT, nilai sains, PISA, regresi multivariat, siswa Indonesia

Abstract

Studi ini meneliti apakah teknologi informasi dan komunikasi (information and technology communication/ ICT) mempengaruhi nilai sains siswa Indonesia. Data PISA tahun 2015 digunakan untuk menjawab tujuan penelitian ini. PISA 2015 digunakan karena fokus dari edisi PISA ini adalah sains. Regresi linier multivariat digunakan di penelitian ini; sebagai variabel dependen adalah nilai PISA bidang sains, sedangkan informasi tentang latar belakang siswa digunakan sebagai variabel independen, yaitu jenis kelamin, usia, indeks status ekonomi, sosial, dan budaya, kepemilikan ICT di rumah, kesenangan dalam belajar sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara semua variabel independen, hanya usia dan jenis kelamin yang tidak signifikan pada taraf 5%; sementara variabel kepemilikan ICT di rumah signifikan secara statistik, yang artinya variabel tersebut berpengaruh terhadap nilai sains. Beberapa pengujian untuk menguji asumsi klasik, seperti uji normalitas residual, uji heteroskedastisitas dan uji kolinearitas juga dilakukan. Menurut tes ini, tidak ada masalah yang terjadi.

Downloads

Published

2023-02-28