ANALISIS PENDIDIKAN ISLAM DAN SAINS PADA PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH

Authors

  • Dina Nurhayati Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam apa yang akan ditanamkan dalam komponen profil pelajar pancasila yang terdapat dalam kurikulum merdeka belajar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang bisa digunakan untuk mengembangkan pembelajaran sains pada kurikulum merdeka belajar. Hal ini disebabkan karena dasar dari kurikulum merdeka belajar ialah perhatian pada ketercapaian kompetensi peserta didik pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. Baik itu minat peserta didik pada pendidikan Islam maupun sains yang akan dikembangkan dengan implementasi kurikulum yang membebaskan setiap madrasah dalam berinovasi dan berkresasi untuk mengembangkan operasional kurikulumnya masing-masing. penulis menggunakan literatur review dalam penelitian ini. Dengan mengacu pada, PPB (Pembelajaran Paradigma Baru), KMA (Keputusan Mentri Agama) Nomor 347 tahun 2022 dan Permendikbudristek Nomor 56 tahun 2022 serta dokumen-dokumen dan literasi lainnnya yang sesuai dengan penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada komponen pertama profil pelajar pancasila yaitu “beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak Mulia.” Serta strategi pengembangan pembelajaran sains dengan mengacu pada filsafat rekonstruksionisme dan prinsip progresivisme agar  pembelajaran menjadi lebih menyesuaikan dengan ide-ide dan kreativitas peserta didik.

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Sains, Pelajar Pancasila dan Kurikulum Merdeka.

 

Abstract: this reserach was conducted to analyse what is the value of Islamic education that will be implemented in profil component of Pancasila student which contained in independent learning curriculum. Beside that, the other aims of this research is to finding what is the strategy that can be used to develop the science learning in independent learning curriculum. It caused by the basic of independent learning curriculum is to attention the competency achievement of student in educational unit in special conditions. Whether it’s a student interest of Islamic education and sains which will develop by implementation of independent learning curriculum that give the freedom to every School/madrasah in their innovation and creativity to develop their. The writer used literatur review in this research. With reference to PPB 2022, KMA number 347, 2022 dan Permendikbudristek number 56, 2022, and then other documents dan literatures that refers to this research. According to the result of this research is to knowing the values of Islamic education that contained in the first component of Pancasila student profile, there are “fear of God almighty and noble character.” As well as the strategy of developing science learning that refers to reconstructionist philosopy and progressivism principles so that learning will be more adaptable with the students ideas and creativity.

Key words: Islamic education, science, Pancasila student and independent curriculum

Downloads

Published

2023-02-28