Propaganda Dalam Strategi Kampanye Politik:Dialektika Moral Politik dan Demokrasi Substantif Dalam Bingkai Pemilu di Indonesia

Authors

  • Marzuki Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Thorieq Al Abdu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ayu Wantika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Andre Selamat Sinaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juni Yanti Siagian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.14421/egzayt94

Keywords:

Demokrasi, Propaganda, Kampanye Politik, Strategi Komunikasi

Abstract

Peran propaganda dan taktik kampanye politik sangat krusial dalam membentuk pandangan publik serta mengarahkan dukungan politik masyarakat. Propaganda bertujuan memengaruhi persepsi pemilih melalui berbagai metode komunikasi, baik yang bersifat persuasif maupun manipulatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk menganalisis praktik propaganda dalam kampanye politik di Indonesia. Dalam kampanye politik, strategi yang digunakan bisa bersifat positif, seperti membangun citra kandidat, atau negatif, seperti kampanye hitam yang fokus pada serangan terhadap lawan politik. Kemajuan teknologi dan media sosial telah meningkatkan efektivitas propaganda politik, memungkinkan pesan-pesan politik menyebar dengan cepat dan luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi propaganda yang masif dapat meningkatkan elektabilitas kandidat, namun juga rentan memicu disinformasi yang pada akhirnya merusak kualitas demokrasi. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang cara kerja propaganda dan strategi kampanye politik, serta dampaknya terhadap masyarakat, menjadi hal yang penting dalam konteks proses politik modern dengan mengedepankan prinsip moralitas untuk tercapainya demokrasi substantif.

References

Abd Hannan. “Propaganda Politik Pascakebenaran (Posttruth) Menjelang Pemilu 2024 dan Ancamannya terhadap Demokrasi di Indonesia Kontemporer.” Politea : Jurnal Politik Islam 6, no. 1 (Juni 2023): 51–82. https://doi.org/10.20414/politea.v6i1.7252.

Amilin, Amilin. “Pengaruh Hoaks Politik dalam Era Post-Truth terhadap Ketahanan Nasional dan Dampaknya pada Kelangsungan Pembangunan Nasional.” Jurnal Lemhannas RI 7, no. 3 (Agustus 2020): 5–11. https://doi.org/10.55960/jlri.v7i3.73.

Asshiddiqie, Jimly. Hukum Tata Negara Dan Pilar-Pilar Demokrasi Serpihan Pemikiran Hukum, Media dan HAM. Jakarta: Konstitusi Press, 2005.

———. Konstitusi dan Konstitusionalisme Indonesia. Jakarta: Konstitusi Press, 2005.

Ari Kurnia, Rangga Fadhil, dan Idlan Dziqri. “Propaganda Politik Dalam Media Melalui Artikel Berita pada Kanal Sorot Politik Di Kompas.com.” COMMTEMPORER: Jurnal Komunikasi Kontemporer 01, no. 01 (Juni 2024): 47–57. https://doi.org/10.36782/cjik.v1i01.342.

Chrisjanto, Edy, Carolus Evan Putra Edginio, dan Hartanto Hartanto. “Aspek Moralitas Dalam Politik di Indonesia.” Warta Dharmawangsa 19, no. 1 (Januari 2025): 531–47. https://doi.org/10.46576/wdw.v19i1.5930.

Dai, Yaoyao, dan Luwei Luqiu. “Camouflaged Propaganda: A Survey Experiment on Political Native Advertising.” Research & Politics 7, no. 3 (Juli 2020). https://doi.org/10.1177/2053168020935250.

Fadli, Muhammad. “Propaganda Politik dalam Pemilu 2019.” Jurnal Ilmu Politik 18, no. 3 (2020).

Fitriani, Rina. “Peran Media Massa dalam Kampanye Politik.” Jurnal Komunikasi Indonesia 12, no. 3 (2020).

Hartanto, Agus. Politik Viral: Strategi Kampanye di Era Digital. Surabaya: Airlangga University Press, 2020.

Hadi, Rudi. Kampanye Hitam: Strategi dan Dampaknya pada Politik. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Hidayat, Arief. “Revitalisasi Ideologi Pancasila dalam Aras Global Perspektif Negara Hukum: Sebuah Pandangan Indonesia Terkini.” Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang 2, no. 1 (2016). https://doi.org/10.15294/snhunnes.v2i1.488.

Husein, Muhamad, dan Syahrial Syarbaini. “Propaganda Buzzer Politik Pada Pemilihan Presiden 2024.” Jurnal Peurawi:Media Kajian Komunikasi Islam 7, no. 2 (2024).

Mansyur, Ibnu Chaerul, “Polarisasi Politik di Indonesia 2014-2019: Sebuah Kajian Pustaka,” Jurnal Politik Profetik 11, no. 1 (Juni 2023): 1–22, https://doi.org/10.24252/profetik.v11i1a1.

Nainggolan, Eny Theresia, Godliebe Godliebe, dan Wisman Hadi. “Analisis Penggunaan Bahasa dalam Propaganda Politik di Media Sosial.” Jurnal Bahasa Daerah Indonesia 1, no. 3 (Juni 2024): 8. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2606.

Abdul Gaffar Karim, “Mengelola Polarisasi Politik dalam Sirkulasi Kekuasaan di Indonesia: Catatan bagi Agenda Riset,” Politika: Jurnal Ilmu Politik 10, no. 2 (2019), https://doi.org/10.14710/politika.10.2.2019.200-210.

Kurniawan, Eko. Etika Komunikasi Politik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2021.

Kusuma, Dian. Politik 2.0: Kampanye Politik di Era Digital. Jakarta: Kencana, 2021.

Nugraha, Dwi. Kampanye Negatif: Strategi dan Risiko. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2021.

Nugroho, Budi. Strategi Kampanye Politik di Era Digital. Jakarta: Pustaka LP3ES, 2020.

Prasetyo, Agus. Komunikasi Politik dan Propaganda di Era Digital. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2020.

Putra, Andi. Hoaks dan Politik: Dampak Disinformasi pada Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2022.

Rahmawati, Dewi. “Pendidikan Politik dan Literasi Media,” Jurnal Pendidikan Politik 14, no. 1 (2022).

Ramadhani, Rina. Media Sosial dan Kampanye Hitam. Jakarta: Kencana, 2022.

Ramadhan, Ahmad. Politik Identitas dan Propaganda. Jakarta: Gramedia, 2023.

Sari, Maya. Dampak Kampanye Hitam pada Demokrasi. Bandung: Refika Aditama, 2023.

Sari, Dian. “Strategi Persuasi dalam Kampanye Politik,” Jurnal Ilmu Politik 20, no. 1 (2021):.

Sari, Dian, dan Budi Nugroho. “Propaganda Politik di Era Digital: Studi Kasus Pemilu 2019,” Jurnal Ilmu Komunikasi 19, no. 2 (2021):67.

Setiawan, Bambang. Demokrasi dan Propaganda Politik. Surabaya: Airlangga University Press, 2023.

Siregar, Rina. Kampanye Digital: Strategi dan Implementasi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2023), h. 89.

Susanto, Edy. Media Sosial dan Politik: Transformasi Komunikasi Politik di Era Digital (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2021):56.

Suryadi, Ahmad. Strategi Kampanye Politik: Teori dan Praktik. Surabaya: Airlangga University Press, 2022.

Suryani, Linda. “Disinformasi dalam Kampanye Politik,” Jurnal Demokrasi dan HAM 10, no. 2 (2022):45.

Utami, Sri. “Dampak Propaganda Politik terhadap Perilaku Pemilih,” Jurnal Politik Indonesia 15, no. 1 (2021):23.

Wijaya, Bambang. Digital Campaigning: Strategi Kampanye Politik di Era Media Sosial. Jakarta: Gramedia, 2022.

Wibowo, Adi. Komunikasi Politik: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana, 2019.

Wulandari, Fitri. Dampak Kampanye Hitam pada Opini Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2023.

Zulfadli, Metode Penelitian Kualitatif: Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2021.

Downloads

Published

2025-07-19