Eksistensi dan Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 1 Surakarta

Authors

  • Munif Rofi’atur Rohmah
  • Zainal Arifin

DOI:

https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-11

Keywords:

Curriculum development, MAPK Surakarta

Abstract

Abstract

This article discusses the existence and curriculum development of MAPK MAN 1 Surakarta. This research is qualitative research. Research data through observation, in-depth interviews and documentation. The result of this research shows, first, MAPK MAN 1 Surakarta still exist until now (1) support from various parties such as madrasah leaders, MAPK managers and dormitories as well as alumni support, (2) the developed curriculum has successfully delivered quality Islamic Education, (3) the name of MAPK is still used as marketing, (4) the desire to exist, (5) the opening of international class, (6) still needed the graduates who master of Islamic Studies, (7) successful student achievement, (8) the spirit of student have ability to speak Arabic and English. Second, the curriculum development of MAPK MAN 1 Surakarta includes: diagnostic needs, educational objectives, curriculum 2013, tutorial and boarding school activities, learning experiences, and evaluation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

An Nahidl, Nunu Ahmad, (2010), Spectrum Baru Pendidikan Madrasah, Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan keagamaan.
Arifin, Zainal, (2012), Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Yogyakarta: Diva Press.
Departemen Agama RI, (1998/1999), Profil Madrasah Aliyah Keagamaan, Direktorat Jenderal kelembagaan Agama Islam.
Dokumentasi Brosur PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, [Kamis, 19 Mei 2016]
Dokumentasi Profil Kurikulum Program Keagamaan MAN 1 Surakarta, [26 Mei 2016]
Fauzan, (2013), Kurikulum Pendidikan Islam; Sebentuk Analisis Terhadap Kurikulum Pendidikan Di Dayah Mudi Semalanga Bireuen, Aceh: Sefa Bumi Persada.
Hamalik, Oemar, (2012), Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Keputusan Jenderal Direktur Pendidikan Islam Nomor 1293 Tahun 2016 Tentang Juknis Penyelenggaraan Program Keagamaan di Madrasah Aliyah.
Khozin, Wahid dkk, (2010), Sinopsisi Kajian Pendiidkan Agama dan keagamaan 2006-2009, Jakarta: Puslitbang Pendidikan aAgama dan Keagamaan.
Kosim, Muhammad, (2007), Madrasah di Indonesia (Pertumbuhan dan perkembangan), Tadris Jurnal Pendidikan Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, 2 (1).
Miles, B. M. & Huberman, A. M, (1984), Qualitative Data Analysis, London New Delhi: Sage Publications.
Mulyasa, E, (2010), Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nasution, S, (1994), Asas-asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara.
Rais, Rahmat, (2009), Modal Sosial Sebagai Strategi Pengembangan Madrasah (studi pengembangan Madrasah pada MAN 1 Surakarta), Jakarta: Departemen Agama RI.
Ramayulis, (2011), Sejarah Pendidikan Islam, Napak Tilas Perubahan Konsep,filsafat dan Metodologi Pendidikan Islam, dari Era Nabi SAW Sampai Ulama Nusantara, Jakarta: Kalam Mulia.
Sanjaya, Wina, (2008), Kurikulum dan Pembelajaran; Teori dan Praktek Pengembangan KTSP, Jakarta: Kencana.
Sugiyono, (2013), Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Taba, Hilda, (1962), Curriculum Development Theory and Practice, New York: Warcont and World.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.
Wawancara dengan Dian nafi’ siswa kelas XI putri sekaligus ketua OPPK putri Tahun Ajaran 205/2016, [5 Juni 2016]
Wawancara dengan Drs.M. Hassanudin, selaku waka Humas MAN 1 Surakarta, [25 mei 2016]
Wawancara dengan Ustadz Abdul Mutolib M.Ag, selaku koordinator program keagamaan, [1 juni 2016]
Wawancara dengan ustadz Lutfil Anshori, Lc, M.Ud selaku guru mapel MAPK MAN 1 Surakarta, [24 Juli 2016]
Wawancara dengan ustadzah Lutfiani, Lc, selaku Pembina asrama putri MAPK MAN 1 Surakarta, [25 Mei 2016]
Yulaelawati, Ella, (2004), Kurikulum dan Pembelajara; Filosofi, Teori, dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.
Zulfa, Norma Chunnah, (2013), Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan: Manajemen Kurikulum Madrasah Aliyah program Keagamaan MAN 1 Surakarta, 1 (2).

Downloads

Published

2017-12-15