Alat Bantu Gawang Pipa: Cara Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat Jauh pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 22 Gunungkidul

Authors

  • Yuwanto Yuwanto

DOI:

https://doi.org/10.14421/jpm.2018.32-03

Keywords:

Alat Bantu Gawang Pipa, Gerak Dasar Lompat Jauh, Hasil Belajar

Abstract

Abstract
This research aims to find out how to improve the learning results of motion elementary long jump in grade IV MIN 12 Years Challenging Lessons 2016/2017 amounted to 14 students consisting of 5 students are female and 9 male students. This research is a research action class. Measures include SUPPORT activities of planning, implementation, observation, tests and documentation. The technique of data collection by observation using the instrument of observation sheets. Preliminary observation on the stage, there were only 3 students who managed to reach the KKM 75 or some 21%, 2 students scored between 70 to 74 or any number of 14%, 5 students scored between 65 to 69 or 36%, and 4 students scored 65 or some < 29%. Through the initial data have been obtained results showed that the learning of basic motion long jump class IV is still very lacking. The results of this research show that through the tools of the net pipe there is an increase in the value of learning outcomes above the value of the KKM (75), i.e. from initial conditions only 21% to 86%.
Keywords: Gawang Pipa, Motion of Basic Long Jump, Learning Outcomes

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat jauh pada siswa kelas IV MIN 12 Gunungkidul Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 9 siswa lakilaki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Langkah-langkah PTK meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi menggunakan instrumen lembar observasi. Pada tahap observasi awal, hanya terdapat 3 siswa yang berhasil mencapai KKM 75 atau sejumlah 21%, 2 siswa mendapat nilai antara 70 sampai 74 atau sejumlah 14%, 5 siswa mendapat nilai antara 65 sampai 69 atau 36%, dan 4 siswa mendapat nilai < 65 atau sejumlah 29%. Melalui data awal yang telah diperoleh tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar gerak dasar lompat jauh kelas IV masih sangat kurang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui alat bantu gawang pipa terdapat peningkatan hasil belajar nilai di atas nilai KKM (75), yaitu dari kondisi awal hanya 21% menjadi 86%.

Kata Kunci: Alat Bantu Gawang Pipa, Gerak Dasar Lompat Jauh, Hasil Belajar 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Joni, Raka, 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.
Kristiyanto, Agus, 2010. Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Jasmani & Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press.
Noto Atmojo, Soekijo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (SD/MI). Jakarta: Litera.
Sudjana, Nana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-12-13